Produk UMKM dan Kopi Humbahas Masuki Pasar Internasional

0
123
BUPATI Humbahas, Dosmar Banjarnahor (tengah pakai kaca mata) saat meninjau event Coffee Fest Toba di puncak panorama Danau Toba, Sipinsur baru-baru ini.(Waspada/Ist)

DOLOKSANGGUL (Waspadamedan.com) : Kain motif ulos Humbang Shibori, hasil kreativitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pengrajin lokal di Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) mulai memasuki pasar internasional. Kopi hasil pertanian dari daerah ini, yang dikenal dengan nama Lintong Arabica Coffee sebelumnya sudah terlebihdahulu diminati di pasar global.

Hal itu disampaikan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, Jumat (12/1) di Doloksanggul.”Kain Humbang Shibori hasil penenun UMKM kita ditenun dengan bahan pewarna alami atau dengan konsep eco fashion. Kain ini sudah dilirik di negara Perancis, Kanada dan Budapest. Bahkan sudah ada designer asal Budapest yang meminta kain ini untuk produk fashionnya,” ujar Dosmar.

Bukan hanya itu. Kopi asal Humbang Hasundutan dengan nama geografis Lintong Arabica Coffee yang sudah terlebihdahulu memasuki pasar dunia, kini terus menjadi incaran para penikmat kopi di dunia. Baru-baru ini, tim jurnalis asal Inggris datang ke Humbang Hasundutan untuk mempublikasikan Kopi Lintong dengan terjun langsung ke lahan perkebunan kopi milik petani, sambung Dosmar.

Guna menopang hasil produk Kain Humbang Shibori, Dosmar menegaskan, bahwa pihaknya akan terus berupaya mendukung warga pengrajin melalui pembinaan, pelatihan-pelatihan maupun bantuan alat-alat kerajinan.”Untuk mendukung hasil produksi kopi juga kita lakukan hal yang sama. Untuk tahun ini, kita sudah menerima ratusan alat berat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian untuk mendukung peningkatan produksi pertanian kita,” paparnya.

Disisi lain, Dosmar menyebut, pihaknya juga kini terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata yang ada di daerah itu.”Setelah kedua produk tadi go internasional, pengembangan potensi wisata kita juga harus kita kejar hingga wisatawan internasional datang ke daerah ini. Potensi wisata Danau Toba kita di Bakkara, Kec. Baktiraja harus terus kita benahi. Kita sudah bekerjasama dengan masyarakat Bakkara terkait penyediaan homestay untuk wisatawan. Dan pembangunan sarana maupun prasarana pendukung juga akan terus kita benahi,” imbuhnya.

Dukungan lainnya, Pemkab Humbahas juga telah melaksanakan berbagai event wisata untuk memperkenalkan potensi keindahan Danau Toba.”Ada Festival Danau Toba (FDT), Coffee Fest Toba, Toba Cross Run dan Toba Audax. Mudah-mudahan event ini dapat membantu kedatangan wisatawan ke daerah ini,” pungkas Dosmar.(chs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here