Sinabung Erupsi Lagi

0
SINABUNG mengalami guguran lava
SINABUNG mengalami guguran lava

TANAH KARO (Waspadamedan.com): Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (12/1) pukul 06.35 Wib, kembali erupsi dengan tinggi kolom abu yang terbentuk 1.800 meter disertai gempa selama 353 detik, sedangkan arah angin condong ke Timur-Tenggara.

Tidak ada korban jiwa dilaporkan dalam peristiwa itu, namun permukiman penduduk dan kawasan pertanian yang berada di sebelah Timur-Tenggara gunung dalam radius tertentu, mengalami paparan debu vulkanik.

Data aktivitas Sinabung yang dirilis Magma Indonesia diperoleh Waspadamedan.com Jumat (12/1) pukul 07.00 Wib berdasarkan pengamatan gunung api (PgA) dari Desa Ndokum Siroga Kec. Sip. Empat (12-1-2018: 00-06 Wib), Sinabung mengalami guguran 19 kali, low frekwensi 12 kali, tektonik jatuh 1 kali dengan durasi 503 detik.

PgA merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak dan jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur Sinabung.

Guguran Lava

Kubah lava Gunung Sinabung yang terletak di bibir kawah lobang kepundan, Jumat (12/1) sekitar pukul 08.20Wib, terjadi guguran mengikuti lidah lava sejauh 1.200 meter ke sebelah Timur – Tenggara.

Bersamaan guguran kubah lava, Sinabung juga mengalami erupsi yang membentuk kolom abu setinggi 1.500 meter disertai  gempa 404 detik. Padahal sebelumnya, Sinabung mengalami peristiwa erupsi pukul 06.35Wib.

Kendati demikian, penduduk di lingkar Sinabung  tidak mengalami kepanikan seperti delapan tahun yang lalu.(cpn,a36)

baca juga Awan Panas Sinabung Berguguran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here