Nikmati Keindahan Danau Toba Lewat Tele

1
Keindahan pemandangan Pusuk Buhit
Keindahan pemandangan Pusuk Buhit
pemandana pinggiran danau toba
danau toba
hampar rumput di pinggir danau toba
hampar rumput di pinggir danau toba

TAHUKAH Anda keindahan Danau Toba itu bukan hanya bisa dinikmati dari satu tempat saja. Selain dari Parapat, rute biasa yang dilewati wisatawan, ada jalan lain untuk mengexplore kemolekan danau terbesar di Asia Tenggara ini.

Menara pandang bernama Panorama Indah Tele, berada di Tele, pertengahan jalan antara Pangururan menuju Sidikalang bisa menjadi alternatif lain menjelajah Danau Toba sampai ke Pulau Samosir. Ini adalah wilayah Kabupaten Samosir yang berada di daratan Sumatera dan bukan di Pulau Samosir.

Lewat sisi ini, berkeliling danau toba khususnya di Pulau Samosir, maka kita akan melihat indahnya Danau Toba dari sisi yang berbeda. Di sini Anda bisa melihat Indahnya Danau Toba plus bisa melihat keelokan Gunung Pusuk Buhit yang dikenal sebagai asal muasal turunnya Raja Batak.

Rute alternatif ini Medan-Berastagi-Sidikalang-Tele Samosir akan makan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Selama di perjalanan, Anda tidak akan bosan karena sepanjang jalan Anda akan melihat pepohonan besar nan sejuk yang berada di sisi jalan dari Berastagi hingga Sidikalang, jalanan yang relatif sepi di daerah Sidikalang serta jalan yang berliku membuat kita harus tetap berhati-hati, karena di beberapa ruas jalan terdapat jalan rusak akibat longsor.

Sesaat memasuki Desa Parbuluan, jalan yang menghubungkan kabupaten Dairi dan Samosir terlihat rusak dan berlubang. Jalan rusak ini bisa mencapai 16 Km yang membuat lelah perjalanan Anda khususnya pengguna sepeda motor.

Setelah cukup lama di perjalanan akhirnya sampai Juga di Menara Pandang Tele, Samosir. Objek wisata ini merupakan tempat favorit disinggahi banyak wisatawan yang berkunjung ke Samosir. Menara Pandang ini berada di jalan Tele, kabupaten Samosir.

Tele memang merupakan titik tertinggi di wilayah sekitar. Hampir semua objek foto dan pemandangan terletak di bawah menara ini. Saya senang bisa berkunjung ke menara ini dan melihat Danau Toba dari sudut yang berbeda. Dari ketinggian menara, saya bisa melihat jalan berliku-liku yang kami lalui sebelumnya dari arah Pangururan. Dari atas, sangat jelas terlihat bahwa jalan yang kami lalui tadi adalah jalan yang sangat sepi.

Dari Menara pandang Tele ini , kita juga dapat melihat dengan jelas Gunung Pusuk Buhit Samosir, dan di bawah kakinya terlihat pedesaan dan hamparan persawahan yang hijau. Sungguh indah Samosir ini. Dan di sini kita juga bisa melihat air terjun-air terjun yang mengalir di balik perbukitan Danau Toba, dari jauh terlihat sangat kecil. Kalau beruntung, anda bisa mendapatkan satu buah motor, atau sebuah mobil bergerak anggun di jalan meliuk-liuk tersebut.

Tip untuk yang berkunjung ke menara ini, usahakan agar jangan terlalu sore agar tidak mengalami kesulitan menyusuri jalan di malam hari. Pagi dan siang hari hawanya sejuk dan segar. Namun, pada malam hari suhu di tempat ini akan luar biasa dingin.

Teks dan Foto : Muhammad Faisal

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here