Menguji Kesabaran Mukmin Oleh Tantomi Simamora Guru Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM), Tapanuli Selatan

0

Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan mengujimu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antaramu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu (QS. Muhammad: 31).

Sabar merupakan sikap mulia yang berasal dari hati yang tulus untuk melakukan suatu hal yang dikehendakinya, tanpa ada unsur paksaan dari orang lain. Yaitu kesabaran untuk taat kepada Allah dan terhadap ujian serta cobaan Dunia. Makna dari sabar adalah sinar, pelakunya senantiasa berada dalam kebenaran. Maka kemuliaan orang-orang sabar tidak bisa lagi diragukan, karena Allah SWT akan selalu bersama orang-orang yang sabar.

Firman Allah dalam Alquran: Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung (Ali Imran: 200).

Menurut wikipedia Indonesia Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya. Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Sabar hanya senantiasa berlaku pada segala kesungguhan jiwa dalam menekuni kebaikan dan kebenaran. Sabar itu tidak bersedih ketika datang masalah. Sabar itu selalu bersemangat menghadapi ujian apapun, dan tidak pernah merasa lemah terhadap apapun yang terjadi. Sabar artinya sangat luas sekali, namun bagi orang-orang yang benar-benar memahami makna dari bersabar yaitu menahan, dengan sendirinya kita akan paham, betapa tingginya derajat orang yang sabar. Kemudian kita akan memahami juga bahwa untuk menjadi orang sabar tidaklah mudah, semua membutuhkan proses, ketika dalam proses tersebut kita bisa bersabar, maka pada saat itulah kita dijadikan oleh Allah SWT sebagai orang yang sabar.

Menjadi orang yang penuh dengan kesabaran memang butuh waktu, tidak bisa secara instan. Selagi manusia tidak bisa sabar dalam menghadapi ujian, maka kita tidak akan pernah menjadi orang yang benar-benar bersabar. Banyak kalangan di antara kita yang sering mengatakan kata-kata sabar terhadap orang yang ditimpa musibah, tetapi ia tidak tahu makna dari kata sabar itu sendiri yaitu “menahan”. Maka bagi orang-orang yang benar-benar paham, ia tidak akan sembarangan mengatakan kata-kata sabar sebelum ia bisa menjadi orang yang bisa sabar.

Tidak untuk menafikan kata-kata sabar, namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjadi orang yang bersabar melalui proses ujian yang benar. Sehingga kita termasuk orang-orang yang termasuk dalam lindungan Allah SWT, karena orang sabar akan terus bersama Allah SWT. Firman Allah dalam Alquran: Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (QS.Al-Baqarah:155).

Dalam sebuah pernyataan pendek, dikatakan bahwa sabar itu selalu diawali dengan sesuatu yang pahit dirasakan, tetapi pada saatnya nanti hasilnya akan lebih indah dan manis daripada madu. Tidak ada orang sabar tanpa melalui ujian. Semua orang pasti memiliki kesabaran, hanya saja kesabaran memerlukan sebuah proses. Sabar adalah hal yang mudah dikatakan namun sulit untuk dilakukan. Tidak jarang banyak kata-kata “sabar ada batasnya”. Sabar tidak memiliki batas, karena setiap manusia mampu mengelola kesabaran agar kesabaran yang mereka miliki tidak pernah berbatas. Selalu ingat bahwa buah dari kesabaran adalah kasih sayang dari Sang Pencipta, hal ini mampu memberimu semangat untuk terus berlaku sabar dalam menghadapi permasalahan.

Contohnya saja ketika kamu memiliki usaha, banyak rintangan yang akan kamu lalui. Kesabaran diperlukan untuk mencapai mimpi yang ingin kamu raih. Bersabarlah dan terus cari solusi dari rintangan yang kamu dapatkan, jangan meyerah ketika rintangan menghentikanmu. Terus berusaha dan bekerja keras, jangan pernah pasrah untuk menunggu hasil.

Bersabar bukan berarti kamu menunggu hasil, namun bersabar untuk melalui proses dan rintangan yang sedang kamu jalani. Bersabar bukan berarti kamu sudah lemah, justru saat itu anda telah memulai proses untuk menjadi orang yang kuat dalam menahan segala ujian. Paradigma yang beranggapan dari orang sabar adalah lemah merupakan pemikiran yang salah. Orang sabar adalah orang yang paling kuat. Orang yang memiliki emosional tinggi belum tentu mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri.

Karena hanya orang sabar yang mampu membentengi dirinya untuk selalu kuat dalam menghadapi masalah dan ketika orang yang memiliki emosional tinggi sedang menghadapi permasalahan dalam pekerjaan atau kehidupannya, orang sabar sudah mampu naik satu langkah menjalankan solusi dari permasalahan tersebut.

Kesabaran akan selalu berdampingan dengan pikiran positif, jangan pernah memasukan pikiran negatif ke dalam hidupmu. Pikiran negatif hanya akan merusak pola pikirmu untuk berbuat jahat terhadap orang lain. Tetaplah berpikiran positif dan selalu sabar dalam menghadapi masalah apapun. Berpikiran positif akan membantumu mengendalikan emosi dan menenangkan dirimu untuk bisa lebih bijak dan sabar menghadapi permasalahan yang ada. Yang paling penting kita pahami adalah jangan pernah menjadi orang yang sabar, karena orang yang sabar akan terus bersama Allah SWT.

Ketika kamu harus mendengarkan apapun yang tidak kamu sukai, tersenyumlah. Seseorang yang sabar terlihat dari senyumnya. Tersenyum merupakan penanda bahwa kamu adalah orang yang bahagia. Jadi jangan pernah putus asa akan rahmat Allah SWT, ketika ada masalah di hadapanmu. Ketika ada yang menyakitimu, tersenyumlah. Ketika ada yang marah di hadapanmu, tersenyumlah. Hadapi semua cobaan dengan ikhlas, dan pada gilirannya akan mendapatkan manisnya sabar dalam kehidupan ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here