Keluarkan Pernyataan ‘Berani’, Penyanyi Muslim Dikecam

0
927

Mennel Ibtissem, 22, seorang penyanyi Muslim Prancis, menghentikan keikutsertaannya dalam acara The Voice usai mengeluarkan pernyataan ‘berani’ terkait serangan teror di Nice.

Seperti dilansir BBC, Jumat (9/2), Mennel di media sosial menyatakan keraguannya terkait serangan truk di kota Nice, Prancis, yang menewaskan 86 orang pada 2016 lalu.

“Itu (serangan) menjadi sebuah rutinitas, satu serangan tiap minggu,” tulisnya. “Dan agar selalu (terlihat) taat, si ‘teroris’ membawa kartu identitasnya. Benar juga, jika Anda mau melakukan tindak kejahatan, jangan lupa bawa tanda pengenal,” lanjutnya, bernada menyindir. Seperti diketahui, pelaku penabrakan di acara Bastile Day saat itu diidentifikasi sebagai seorang warga Tunisia berusia 31 tahun.

Mennel juga pernah menulis, “teroris sesungguhnya adalah pemerintah kita” usai berlangsungnya serangan di gereja Saint Etienne du Rouvray yang menewaskan seorang pendeta oleh beberapa orang.

Komentar tersebut lantas mendapat kecaman di sosial media. Warganet mengatakan komentar Mennel itu dianggap tidak menghormati para korban tewas dalam dua serangan mengerikan tersebut. Tekanan kemudian mengarah pada produser The Voice, TF1, yang mendesak agar Mennel dikeluarkan dari ajang kontes menyanyi itu.

Namun, banyak juga yang membelanya dengan alasan bahwa Mennel mendapat banyak kecaman karena ia seorang Muslim. Usai tautannya menjadi viral, Mennel mengeluarkan permohonan maaf dan mengatakan bahwa ia “mengutuk terorisme”. Dan pada Jumat ia mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang The Voice.

“(Saya akan) terus menyebarkan pesan perdamaian dan toleransi, yang jauh dari segala jenis fanatisme,” ujar Mennel dalam permohonan maafnya.

Pengumuman permintaan maaf Mennel telah ditonton sebanyak lebih dari 500.000 kali, dengan ribuan warganet yang memberikan dukungan padanya. Namun demikian, belum ada pernyataan resmi dari TF1 terkait keikutsertaan Mennel dalam acara itu. (BBC/And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here