Khawatir Tak Berangkat, Jamaah Duduki Abu Tours

0
146
Jamaah, agen dan mitra Abu Tours menduduki kantor perwakilan di Jl Abdullah Lubis,Sabtu(10/2). Waspada/Anum Saskia/B
Jamaah, agen dan mitra Abu Tours menduduki kantor perwakilan di Jl Abdullah Lubis,Sabtu(10/2). Waspada/Anum Saskia/B

MEDAN (Waspada): Sedikitnya 2.000 jamaah umrah Abu Tours di Jl. Abdullah Lubis Medan khwatir tidak berangkat umrah pasca dikeluarkanya maklumat oleh Abu Tours terkait belum diberangkatkannya jamaah umrah ke Tanah Suci.

Perwakilan jamaah umrah tergabung dalam Forum Komunikasi Abu Tours Medan diketuai Muhammamd Yusuf, Sekretaris Aulia dan Bendahara Kaswin, Sabtu (10/2) menduduki kantor Abu tours di Jl. AbdullahLubis Medan.

Mereka menyampaikan aspirasi dan khawatiran mereka, namun kantor tersebut tutup. Muhammad Yusuf menyebutkan, bunyi maklumat yang dikeluarkan pihak Abu Tours dengan CEO Abu Tours,  H. Muh. Hamzah Mamba dari Makassar, Para jamaah dan agen/mitra Abu Tours yang kami hormati, Abu Tours berkomitmen akan tetap melayani pemberangkatan jamaah umrah yang telah mempercayakan rencana umrahnya kepada Abu Tours.

Hanya saja kami memohon maaf sebesar-besarnya karena beberapa kondisi dan kebijakan terkait umrah sehingga mengakibatkan Abu Tours terpaksa melakukan penundaan atau perubahan jadwal pemberangkatan.

Khusus terkait terbitnya kebijaka nAturan Kementerian Agama melalui Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus 2018 yang menetapkan harga standar minimal umrah Rp 20 juta. Penetapan pajak progresif 5 persen oleh pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia.

Hal ini menyebabkan jamaah yang telah membayar paket umrah promo di bawah harga standar Kemenag agar menambah biaya, plus biaya pajak progresif.

Untuk itu bagi jamaah/agen yang mengambil paket promo wajib menambah biaya paket umrah yakni dengan opsi sebagai berikut: 1.Menambah biaya paket Rp 6 juta dan mengajak 2 jamaah baru dengan harga paket Rp 21 juta.

  1. Menambah biaya paket Rp 10 juta dan mengajak 1 jamaah baru dengan harga paket Rp 21 juta, 3. Jika jamaah/agen yang telah mendaftar dan tak mengajak jamaah baru maka wajib membayar paket Rp 15 juta dan berha mendapatkan bonus voucher umrah 3 lembar dengan nilai per voucher Rp 5 juta.

Pembayaran penambahan biaya tidak dilakukan di Abu Tours tapi melalui rekening scorrd accord bank mitra untuk menjamin keamanan dana jamaah dan kepastian pemberangkatan setelah penambahan biaya.

Bagi jamaah yang bersedia melakukan penambahan biaya dan mengajak jamaah baru akan langsung diberangkatkan dalam kurun waktu 4 – 7 hari setelah penambahan.

Sedangkan jamaah yang tak bersedia menambah biaya sesuai standar Kemenag dan kebutuhan pajak KSA maka manajemen Abu Tours tetap berkomitmen untuk memberangkatkan umrah namun hingga kemampuan keuangan manajemen Abutours memungkinkan dilaksanakan.

“Kami sangat keberatan dengan maklumat ini, terkait penambahan dana keberangkatan dan harus ada dua jamaah lagi yang disertakan.Ini tidak adil bagi kami yang sudah menanti keberangkatan, dengan dana bervariasi atara 15 s/d 21 juta rupiah,” kata Yusuf.

Saat ditanya mengapa percaya pada tourstravel umrah terutama pengelolanya bukan warga Medan, Yusuf menyebutkan, sejak mengenal travel ini tidak ada masalah. “Makanya, kami juga terkejut dengan keadaan ini,” katanya sembari menyebutkan pihaknya akan membawa masalah ini ke Kemenag Sumut, DPRD dan Poldasu agar pihak travel bertanggungjawab dan memberangkatkan mereka. Selain di Medan, jamaah umrah AbuTours di Palembang juga menyegel kantor AbuTours.(m37/J)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here