Pembangunan Jalan Lingkar Nias Akan Dimulai Tahun Ini

0
Konsultan perencana baru baru ini melakukan survey pembangunan jalan lingkar Nias yang menghubungkan Nias Barat dan Nias Utara. Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua
Konsultan perencana baru baru ini melakukan survey pembangunan jalan lingkar Nias yang menghubungkan Nias Barat dan Nias Utara. Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua

GUNUNGSITOLI (Waspada): Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Balai Besar Jalan Nasional Wilayah I akan memulai pembangunan Jalan Lingkar Nias (ring road ) pada tahun ini dengan anggaran Rp. 30 miliar.

Pembangunan jalan lingkar Nias sepanjang 43 Km menyusuri sepanjang pesisir pantai sebelah Barat Pulau Nias. Pembangunan dimulai dari Kecamatan Sirombu, Moro’o, Mandrehe, Mandrehe Barat, Kabupaten Nias Barat menuju Kecamatan Tugala Oyo, Alasa dan Afulu, Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Barat, Eliyunus Waruwu yang dihubungi, Selasa (13/2) mengakui adanya rencana pembangunan jalan lingkar Nias oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I.

“Benar pada tahun ini akan dimulai pembangunan jalan lingkar Nias dari Sirombu, Kabupaten Nias Barat menuju Kec. Afulu, Kabupaten Nias Utara,” ujar Eliyunus Waruwu.

Dia menyebutkan Pemerintah Kabupaten Nias Barat berperan aktif mendukung pembangunan jalan lingkar tersebut dengan memfasilitasi pembebasan dan hibah lahan warga yang dilintasi ruas jalan yang akan dibangun.

Menurut Eliyunus, seluruh pemilik lahan di empat kecamatan yakni Kecamatan Sirombu, Moro’o, Mandrehe dan Mandrehe Barat yang dilintasi proyek pembangunan jalan lingkar Nias tersebut sudah menyerahkan surat hibah kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Sementara Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara yang dikonfirmasi pada hari yang sama mengatakan hingga saat ini Pemkab Nias Utara belum menerima pemberitahuan terkait rencana pembangunan jalan lingkar tersebut.

M. Ingati Nazara mengatakan dengan tidak adanya surat pemberitahuan dari Kementerian PUPR tersebut pihaknya tidak memiliki dasar untuk memfasilitasi pertemuan untuk sosialisasi termasuk.pembebasan lahan warga tiga kecamatan di Kab. Nias Utara yang akan dilintasi jalan lingkar tersebut.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I, Paul yang dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (13/2) membenarkan pada tahun ini BBPJN Wilayah I akan memulai pembangunan jalan lingkar Nias dari Sirombu, Nias Barat menuju Afulu, Nias Utara sepanjang 43 Km.

Pembangunan jalan lingkar Nias dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap pertama tahun ini anggaran yang dikucurkan sebesar Rp.30 miliar. Paul berharap dukungan masing masing pemerintah daerah yang wilayahnya dilintasi pembangunan jalan lingkar tersebut khususnya pada pembebasan lahan.

Disinggung Pemkab Nias Utara belum tahu rencana pembangunan jalan lingkar tersebut, Paul membantahnya. Menurutnya pada beberapa pertemuan sebelumnya pihaknya telah mengundang Pemkab. Nias Barat dan Nias Utara terkait rencana pembangunan jalan lingkar Nias.

Namun sangat disayangkan pada beberapa pertemuan sebelumnya Pemkab Nias Utara kurang respon dan tidak menghadirinya.

Paul berharap ke depan Pemkab Nias Utara dapat segera memfasilitasi pembebasan lahan milik warga sehingga pembangunan jalan lingkar Nias tidak mengalami kendala.(a25/B).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here