Pengaruh Bahasa Terhadap Sejarah Peradaban Islam

0

MEDAN (Waspada): Ikatan Alumni Universitas Al Azhar Centre Kairo Mesir Angkatan Muda, menggelar seminar bertajuk “Pengaruh Bahasa Dunia Terhadap Sejarah Peradaban Islam,” di Asrama Haji, Sabtu (10/2).


Hadir sebagai keynote speaker Prof. Dr. Ramli Abdul Wahid, dan Drs. H. Syahid Marqum, serta pembicara seminar H. Indra Gunawan Lc, MA (Pakar Sejarah Islam), H Ben Bellah Ben Ali Lc, PgD, MPdi yang merupakan pakar bahasa Arab, Inggris, Perancis, Jerman, serta H Ahmad Mourssi Lc, MA, warga negara Mesir yang juga dosen bahasa Arab.

Sedangkan para peserta seminar terdiri dari ratusan mahasiswa, guru, dan para siswa dari berbagai universitas dan sekolah di Medan.

Pada kesempatan itu, Indra Gunawan, mengatakan bahasa adalah instrumen utama bagi kemajuan peradaban. “Saat ini peradaban umat Islam tidak mendominasi dunia. Umat Islam mengalami kemunduran peradaban, karena meninggalkan ajaran Rasulullah dari Alquran dan hadist,” ujarnya.

Meski begitu, kata Indra, kondisi umat Islam saat ini tidak bisa disalahkan. Banyak  penyebab yang melemahkan umat Islam, baik itu faktor dari luar maupun faktor dari  dalam.

“Jadi belajar sejarah itu bukanlah hanya sekadar cerita romantisme kejayaan Islam di masa lalu, tapi belajar sejarah itu mengerti apa asal dan akar peradaban Islam, sehingga dari situ muncul rasa percaya diri dan minder, maka timbullah sebuah kebangkitan,” tuturnya.

Indra, berharap agar umat Islam terus berupaya menuju kebangkitan dan sadar sejarah. Bahwa selama ini umat Islam tertinggal dalam kebangkitan sains dan kebangkitan ilmu pengetahuan.

“Kebangkitan itu mau tidak mau datang dari ilmu pengetahuan. Seperti yang dikatakan oleh Imam Syafii, bahwa ilmu itu adalah cahaya yang tidak akan diberikan kepada pelaku maksiat. Kalau umat Islam tenggelam dalam maksiat, maka cahaya dari ilmu peradaban itu tidak akan diberikan kepada umat Islam,” katanya.

Mempengaruhi peradaban
Sementara Prof. Ramli Abdul Wahid, dalam paparannya mengatakan bahasa sangat penting dalam mempengaruhi peradaban. Sebab, peradaban dibangun melalui bahasa, dan  bahasa juga lahir dari proses asimilasi antara satu budaya dengan budaya yang lain.

“Peradaban Islam itu dibangun atas budaya Arab dan atas pemikiran Arab, Alquran dan Hadist, tapi juga ditopang dengan peterjemahaan ilmu, kedokteran, dan filsafat dari Yunani, sehingga itu berkembang dan hasil hasil terjemahan dimodifikasi oleh para ulama Islam di zaman klasik dan itulah yang menumbuhkan peradaban Islam yang berarti kekuatan ekonomi politik dan pengetahuan,” sebutnya.

Prof. Ramli, sangat mengharapkan para cendikiawan dari AlAzhar Centre mampu  mengembalikan dan mengingatkan kepada umat Islam, bahwa peradaban itu dulu sangat besar perananannya terhadap bahasa termasuk penerjemahan dari buku Yunani yang pada waktu itu adalah leading peradaban. (cru/B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here