Perlawanan Hukum JR Saragih-Ance Dimulai Besok

0
1702
Tim Kuasa Hukum JR Saragih-Ance bersama Partai Pendukungnya memberikan keterangan pers terkait pembelaan hukum atas keputusan hasil Pleno KPU Sumut di Kantor Demokrat Sumut, Selasa (13/2). Waspada/Mursal AI

MEDAN (Waspada):  Pasangan Cagubsu dan Cawagubsu JR Saragih – Ance melalui tim kuasa hukumnya akan mulai melakukan perlawanan hukum dan menyelesaikan sengketa Pilkada atas keputusan hasil rapat pleno KPU Sumut di Bawaslu Sumut, Rabu (14/2) pagi ini.

Dalam sengketa tersebut, Pasangan JR Saragih – Ance memberikan kuasa kepada Dr. Hinca IP Panjaitan, Hermansyah Hutagalung, Dingin Pakpahan, Jonni Silitonga, Liberty Sinaga, SH.

“Sebagaimana amanah dalam undang-undang tersebut diberikan kesempatan waktu selama 3 hari untuk menyelesaikan sengketa ke Bawaslu, Rabu ini permohonan penyelesaian sengketa itu sudah masuk,” kata Jonni Silitonga di Kantor DPD Demokrat Sumut, Selasa (13/2) sore.

Kemudian, lanjutnya, para peserta calon kepala  daerah JR Saragih -Ance juga diberi kesempatan untuk mengikuti proses peradilan yang singkat. “Hal ini bentuk upaya hukum atas ketidaksertaan klien kami selaku peserta yang untuk menjadi peserta Cagub-Cawagub Sumut 2018 – 2023,” ujarnya.

Namun, Jonni belum mau membuka apa yang sudah dipersiapkan tim kuasa hukum dalam menyelesaikan sengketa tersebut. “Kami menyepakati bahwa materi yang menyangkut pokok perkara akan kami sampaikan besok. Kami hanya mau menyampaikan bahwa tim kuasa dari Pak JR -Ance akan melakukan upaya hukum, sehingga KPU dan Bawaslu tahu itu,” ungkapnya.

Keamanan

Hermansyah Hutagalung menambahkan, pihaknya siap habis-habisan membela hak-hak JR Saragih-Ance, tetapi harus menggunakan hukum sebagai panglima untuk menyelesaikan persoalan-persoalan ini. “Imbauan agar kader menjaga keamanan saja, kami pastikan bahwa ijazah Pak JR asli,” tambahnya.

Dalam temu pers tersebut dihadiri oleh Partai pendukung seperti Ketua DPK PKPI Medan Syafruddin Lubis, Ketua BPOKK Demokrat Sumut Ronal Naibaho, Ketua Demokrat Medan Burhanuddin Sitepu dan Perwakilan PKB.

Politis

Sedangkan Ketua DPK PKPI Medan Syafruddin Lubis mengatakan sangat mendukung langkah yang diambil oleh JR Saragih-Ance. “Langkah ini salah satu etika politik yang harus kita junjung. Tapi kami dari PKPI harus mengatakan bahwa permasalahan ini adalah juga permasalahan politis. Ini juga pelanggaran hukum maka ada sinergitas, maka kami berharap juga tim lawyer juga melakukan langkah politis,” tambahnya.

Pesan JR Saragih

Sedangkan, Ketua BPOKK Demokrat Sumut Ronal Naibaho mengatakan, inilah saatnya melakukan gugatan terhadap hasil keputusan KPU yang sangat mencederai kita. “Pak JR sudah berpesan bahwa sebagai warga negara, orang partai dan negarawan, dia tetap langkah hukum ini dilakukan sebagaimana jalur tahapan yang tersedia untuk melakukan gugatan KPU kepada Bawaslu,” imbuhnya.

Kemudian, lanjutnya, JR Saragih tidak mendiskreditkan lembaga manapun tapi semata-mata untuk melakukan pembelaan hukum terhadap proses hukum atau demokrasi yang kita anggap tidak adil. “Makanya perlawanan yang kita lakukan membuat atau meminta, memperjuangkan keadilan. Siapapun yang tidak dapat keadilan di negara ini, maka wajar melakukan perlawanan hukum,” tambahnya. (h02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here