Sinabung Meletus Dan Guguran, Warga Lingkar Sinabung Berhamburan, Wisman Mendekat

0

TANAH KARO (Waspada) : Ratusan penduduk Karo yang bermukim di sekitar lingkar Sinabung berhamburan keluar meninggalkan Desanya setelah Sinabung meletus dan erupsi Senin (19/2) sekitar pukul 08:53 wib hingga pukul 10.25Wib masih berlangsung.

Pantauan Waspada di lapangan, ratusan warga yang bermukim desa Sigarang-garang, Payung, Gurukinayan, Perbaji, Pintu Mbesi, Jeraya dan Simpang Sibintun pergi keluar desa menghindari ancaman awan panas.

Sementara wisatawan dari Perancis mendekat ke kawasan lingkar Sinabung kawasan Tiga Kicat yang dipandu guide untuk menyaksikan secara langsung proses guguran lava dari puncak Sinabung.

Petugas dari Polisi, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo selalu berkoordinasi untuk mengawasi batas zona merah supaya tetap steril. Bagi petugas terdekat kawasan Sinabung sudah menyediakan masker di Kec. Simpang Empat.

Dandim 0205/T. Karo, Letkol Inf. Taufik Rizal meminta BPBD Karo agar menyediakan mobil Damkar jika suatu saat dibutuhkan.

Data yang diperoleh Waspada dari pengamat gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, dalam peristiwa ini, terjadi awan panas letusan gunung api Sinabung dengan tinggi kolom 5000 m. amp 120 mm dan lama gempa 607 detik. Jarak luncur sektoral selatan – tenggara 4900 meter dan sektoral Tenggara – Timur 3500 meter, angin lemah ke Barat – Selatan.(cpn, a36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here