Dana Rehab Rekon Rumah Rusak Mulai Disalurkan

0
213

* Jumlah Rumah Rusak Berat Bertambah

PIDIE JAYA (Waspada) : Dana rehab rekon untuk membangun kembali rumah rusak akibat gempa bumi Tahun 2016 lalu di Kab. Pidie Jaya mulai disalurkan kepada masyarakat (Korban).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya, M Nasir kepada Waspada, Senin (19/2) mengatakan, dana rehab rekon sudah mulai disalurkan melalui rekening kelompok masyarakat (Pokmas).

“Disalurkan melalui rekening Pokmas yang sudah dibentuk oleh tim manajemen konsultan, setiap Pokmas terdiri dari 15 hingga 20 rumah rusak akibat gempa,” ujarnya.

Untuk sementara, lanjut dia, baru 60 rumah rusak atau tiga Pokmas yang sudah disalurkan dana  tersebut. Bagi masyarakat (korban) yang  pokmasnya sudah mendapat dana rehab rekon bisa langsung membangun kembali rumahnya yang rusak akibat gempa. Bila Pokmas sudah membuat rekening dan memberitahukan kepada pemerintah daerah, dana tersebut langsung dikirim ke rekening pokmas tersebut.

Bertambah

Berdasarkan hasil validasi tim konsultan manajemen beberapa waktu lalu, rumah rusak berat akibat gempa bertambah,dari 2. 202 menjadi 3.021 unit. Sedangkan rusak sedang jumlahnya berkurang dari 4.524 menjadi 2.787 unit rumah.

Bertambah jumlah rumah rusak berat mengakibatkan kekurangan anggaran senilai Rp 35 miliar dari total anggaran rehab rekon tahap pertama Rp 343 miliar. Jumlah itu termasuk rehab rekon rumah rusak dan infrastruktur. “Anggaran tidak cukup Rp 35 miliar, namun kita sudah mengusulkan kembali ke pemerintah pusat,” tambah M Nasir.

Rumah rusak berat akan mendapatkan dana rekon senilai Rp 85 juta per rumah, sedangkan rumah rusak sedang mendapat dana rehab senilai Rp 20 juta per rumah. Batas akhir penggunaan anggaran dana rehab rekon tahap pertama hingga 22 Juni mendatang. (cfg/I)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here