Aceh Paling Telat Sahkan Anggaran

0
205
Sejumlah mahasiswa menggelar aksi massa di depan gedung DPR Aceh, Selasa (20/2). Mereka meminta agar APBA segera disahkan. Waspada/Dani Randi/B
Sejumlah mahasiswa menggelar aksi massa di depan gedung DPR Aceh, Selasa (20/2). Mereka meminta agar APBA segera disahkan. Waspada/Dani Randi/B

BANDA ACEH (Waspada): Provinsi Aceh menjadi salah satu daerah yang belum mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) untuk 2018.Padahal saat ini sudah memasuki akhir Februari.S

Akibatnya, berdampak pada roda pembangunan di setiap daerah di wilayah Aceh, demikian Kordinator Aksi Mahasiswa saat menggelar aksi ‘Segera Sahkan APBA 2018’ di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Selasa (20/2).

“Dari Provinsi lain, hanya Aceh yang belum sahkan anggaran. Ini sebenarnya ada apa ? Apakah rakyat yang harus menjadi korban ?,” kata Korlap Aksi, Haris Munandar. Kata dia, setiap tahun Pemerintah Aceh dan DPR Aceh selalu terlambat mengesahkan APBA. Menurutnya ini menjadi catatan buruk yang selalu terulang setiap tahunnya yang dilakukan pejabat Aceh.

Sementara Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Aceh, Teuku Irwan Djohan mengakui proses pembahasan anggaran masih jalan di tempat. Sebab, ada ketidaksepakatan dalam pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) dan DPR Aceh.

“Ini bukan kita tidak mau mengesahkan APBA. Kemarin sempat ada ketidak cocokan selalu antara eksekutif dan legislatif dalam penyusunan jadwal,”kata Irwan Djohan kepada wartawan saat ditemui di DPR Aceh.

Seharusnya, kata dia, pihaknya dan Pemerintah Aceh sudah harus membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh pada pertengahan 2017. Namun, pihak DPR Aceh baru menerima APBA perubahan pada akhir 2017.  “Karena ini juga faktor kebiasaan, lalu pembahasan anggran selalu diakhir Tahun,” ucapnya.

Ketika ditanya kapan APBA disahkan, Irwan Djohan mengatakan dirinya masih ragu pembahasan itu selesai akhir Februari 2018, sebagaimana jadwal yang telah ditentukan yaitu 60 hari setelah diterimanya APBA-P pada 4 Desember 2017.

Sebab, pembahasan anggaran untuk 2018 saat ini progresnya masih 50 persen masih dalam pembahasan anggaran pendapatan bulum ke pembahasan belanja. Sedangkan waktu hanya tinggal tujuh hari lagi. Irwan pun pesimis APBA 2018 bisa dapat diqanunkan.

“Saya agak pesimis dengan waktu tujuh hari lagi ini bisa diparipurnakan,” sebutnya. Dengan begitu, apapun keputusan akhir,apakah APBA nantinya disahkan melalui peraturan Gubernur atau di Qanunkan, pihaknya sudah pasrah.

Jika diqanunkan, semua bisa di akomodir. Jika dipergub ada jenis program yang tidak bisa diakomodir. Diantaranya itu, APBA harus segera disahkan,agar penggunaannya bisa segara dilaksanakan.“Jalan terbaik memang itu diqanunkan. Tetapi jika sampai batas waktu belum disahkan,Pergub menjadi pilihan akhir,”sebutnya. (cdr/I)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here