Dana Kampanye Ashari-Yusuf Siregar Rp 11 Miliar

0

DELISERDANG (Waspada): Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Deliserdang Ashari Tambunan-M Ali Yusuf Siregar menyerahkan laporan keseluruhan dana kampanye senilai Rp 11. 152.353.840 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang, Selasa (20/2) sore.

Paslon ini menyerahkan laporan itu melalui Dedy Afandi Hasibuan dengan diterima langsung oleh Ketua KPU Deliserdang Timo Dahlia Daulay.

Ketua KPU Deliserdang Timo Dahlia Daulay melalui Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Bobby Indra Proyoga kepada Waspada Rabu (21/2), mengatakan bahwa dana keseluruhan Paslon sebelah kiri Ashari Tambunan-Yusuf Siregar senilai Rp 11. 152.353.840. Katanya, dana tersebut merupakan dana Paslon yang di luar dari dana yang diberikan KPU Deliserdang.

Menurutnya, pihak KPU memberikan dana kampanye bukan berbentuk angka melainkan dalam bentuk barang, misalnya bahan kampanye, baleho dan lainnya. Kata Boby “Adapun dana kampanye dari Paslon tersebut bisa dari pribadi Paslon juga bisa dari simpatisan. Kalau perorangan bisa memberikan bantuan berupa hibah ke Paslon maksimal Rp 75 juta dan kalau kelompok maksimal Rp 750 juta.”

Dijelaskannya, bila Paslon ini dana kampanyenya melebihi Rp 11.152.353.840 bisa terkena sanksi. Sanksi bisa saja berupa administrasi. Jadi setiap pergerakan harus dilaporkan misalnya ada sumbangan makanan. Nah sumbangan makanan ini kalau dirupiahkan berapa dan itu harus dilaporkan.

Pengakuan Boby, semestinya kampanye sudah dimulai pada Rabu (21/2), namun dikarenakan adanya putusan dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kab. Deliserdang yang mengabulkan sebagian gugatan, maka jadwal kampanye ditunda. “Karena ada putusan dari Panwaslih, maka kita konsultasikan dulu ke KPU Sumut untuk menentukan kapan kampanye akan dilakukan. Seharusnya hari ini jadwal mulai kampanye,”  ujarnya. (cel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here