200 Ribu Keluarga Belum Terima Dana PKH Tahap I

0
292

JAKARTA (Waspada): Menteri Sosial Idrus Marham (foto) mengatakan sudah 9,8 juta dari 10 juta target keluarga yang menerima penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama. Itu artinya masih ada sekitar 200 ribu Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang belum mendapat hak nya.

“Sisanya sekitar 200 ribu keluarga itu berada di sebagian besar daerah sulit dijangkau. Ada juga yang terkendala masalah teknis. Tapi saya janji semuanya akan segera mendapat haknya,” kata Idrus usai bertemu dengan pimpinan bank negara yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), Senin (12/3).

Dana Program Keluarga Harapan (PKH) sudah dapat dicairkan oleh penerima mulai 1 Februari 2018 untuk tahap pertama. Total dana yang disiapkan dalam program tersebut sebesar Rp 1,89 juta per tahun, dan dapat diambil beberapa kali pencairan.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemsos, Harry Hikmat menjelaskan, kemensos dan Himbara mencari format solusi terbaik untuk keluarga yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemensos mengajukan kepada Himbara agar keluarga yang belum memiliki NIK dapat menggunakan nomor unik bansos dan nomor register PKH.

“Kalau tidak begitu nanti akan lama prosesnya,” kata Harry.

Tentang penambahan jumlah penerima PKH, Harry mengatakan hal itu sudah menjadi komitmen yang dinyatakan Presiden Joko Widodo. Meski demikian, ketetapannya masih akan menunggu kajian terkait penerimaan negara dan manfaat dari program yang dijalankan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengatakan akan ada penambahan 5 juta keluarga yang menerima PKH pada 2019. (dianw/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here