Tolak Ganti Kepsek, Ratusan Siswa MAN 2 Demo Kemenagsu 

0
RATUSAN siswa MAN 2 Model Medan berunjukrasa ke Kanwil Kemenag Sumut Jl. Gatot Subroto Medan, Rabu (14/3). Waspada/Rizky Rayanda

MEDAN (Waspada): Ratusan siswa MAN 2 Model Medan, berunjukrasa ke Kanwil Kemenagsu, Rabu (14/3), menolak digantinya kepala sekolah (Kepsek) dari Burhanuddin kepada Irwansyah. Akibat aksi itu, siswa tidak belajar dan tidak mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Ya, seharusnya siswa simulasi UNBK, tapi mereka memilih aksi demo sehingga tidak simulasi,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Alfarabi.

Menurut dia, aksi yang dilakukan para siswa/i ini merupakan inisiatif mereka sendiri, sehingga pihak sekolah tidak bisa melarang. Para murid beralasan untuk meminta Kakanwil agar mengembalikan Burhanuddin memimpin kembali MAN 2 Model Medan.

“Karena melakukan aksi, terpaksa hari ini para siswa/i tidak belajar, bahkan harusnya mereka melaksanakan simulasi Ujian Nasional dan terpaksa dibatalkan,” sebut Alfarabi.

Jannah, seorang siswa di MAN 2 Model yang ikut aksi demo, mengaku tidak terima diganti Kepala Sekolah Burhanuddin. “Kami tetap merasa Pak Burhanuddin itu masih pantas sebagai Kepsek, karena selama kepemimpinannya prestasi sekolah kami meningkat, mengapa harus sekarang diganti saat kami akan ujian akhir,” tuturnya.

Diterima Plt Kankanwil

Siswa yang melakukan demo, meminta Kakanwil Kemenag Sumut, agar mengembalikan jabatan kepala sekolah kepada Burhanuddin.

Akhirnya, perwakilan siswa diterima Plt Kakanwil Kemenagsu, Darmansa, didampingi beberapa orang pejabat Kanwil Kemenagsu di antaranya H Burhan Damanik, HM Arifin, H Dahyar  dan Kasubbag Humas serta pihak keamanan. Mereka diajak berdialog dan menyampaikan aspirasi secara terhormat dan bermartabat.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan siswa menyampaikan beberapa  aspirasi dan menyerahkan surat aspirasi berisi tiga poin yaitu menolak pergantian Burhanuddih Harahap, meminta Burhan tetap kepala MAN 2 Medan, dan meminta agar Burhan tetap melaksanakan program-program.

Surat aspirasi itu diterima Darmansa dan akan meneruskan pada pimpinan karena hal itu adalah kewenangan pusat. “Aspirasi ananda kita terima dan akan kita teruskan pada pimpinan di pusat karena SK pergantian dan pengangkatan adalah domainnya pusat,” kata Darman seraya mengajak para siswa agar fokus belajar karna tugas utama siswa adalah belajar. (m37)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here