SIGLI (Waspada): Pencuri memang tidak pandang bulu. Handphone Kajari Pidie Effendi, SH, MHum pun digondol. Peristiwa itu terjadi saat Effendi melaksanakan Shalat Isya di Masjid Agung Al-Falah, Kota Sigli. Minggu (18/3) sekira pukul 20:00.

Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar SIK, Senin (19/3), menjelaskan Kajari Pidie Effendi telah membuat laporan ke kepolisi tentang HP miliknya yang dicuri saat ia sedang melaksanakan shalat isya berjamaah di Masjid Agung Al-Falah, Kota Sigli.

“Bapak Kajari membuat laporan polisi, bukan karena soal harga HP nya. Tetapi karena aksi pencurian itu tidak baik dan itu melanggar hukum karena merampas milik orang lain,” kata Kapolres.

AKBP Andi menyebutkan pada saat melaksanakan shalat Isya secara berjamaah, Kajari Pidie Effedi berdiri pada saf paling belakang. Pada saat sujud, tiba-tiba datang pelaku lalu mengambil HP yang diletakkan di depan Kajari. Usai mengambil HP, pelaku ke luar dari dalam masjid dan langsung kabur. “Sempat dikejar, namun tidak ketemu tersangkanya,” kata AKBP Andi.

Pun begitu, sebut dia, aksi pencurian HP Kajari itu sempat terekam camera CCTV dalam masjid. “Gambar pelaku pencurian tertangkap kamera CCTV dan kita saat ini sedang melakukan pencarian terhadap pelaku,” katanya.

Polisi, sebut AKBP Andi, telah menyebarkan photo pelaku yang mencuri HP Kajari ke polsek-polsek. Namun sejauh ini pelaku belum ditemukan. Selama ini aksi pencurian di lokasi-lokasi masjid dalam wilayah hukum Polres Pidie sering terjadi, hal itu disebabkan lemahnya pengamanan dalam area masjid. Selain itu sebut dia aksi pencurian itu mudah dilakukan karena pada lokasi-lokasi masjid kurang dipasang penerang.

“Karena itu untuk Mesjid Al-Falah, Kota Sigli sudah selayaknya digunakan petugas security. Supaya masyarakat yang melaksanakan ibadah dapat aman dan nyaman. Begitupun pada lokasi parkir perlu dipasang lampu agar lebih terang pada malam hari, terutama pada lokasi parkir. Lokasi parkir pun harus rapi dan tertib agar mudah dikontrol untuk diawasi” tandasnya. (b10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here