BTN Luncurkan Kredit Pendidikan

0
52

JAKARTA (Waspada): PT. Bank Tabungan Negara (Persero) meluncurkan kredit pendidikan dengan pinjaman mencapai 200 juta dan bunga 6,5 persen. Bunga rendah tersebut dipatok flat selama 5 tahun.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, pihaknya akan menggandeng lebih dari 100 perguruan tinggi untuk program ini.

“Kami akan segera menggnadeng 100 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada 23 perguruan tinggi negeri dan swasta yang siap bekerja sama,” kata Maryono, dalam acara peluncuran Kredit Pendidikan Tinggi di auditorium Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Senayan, Selasa (10/4). Peluncuran dilakukan Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi seluruh pejabat di lingkungan Kemristekdikti.

Syarat pengajuan kredit pendidikan adalah sudah terdaftar sebagai debitur BTN, yakni nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Soal penghasilan bisa tetap maupun tidak tetap.

Fasilitas yang diberikan melalui fasilitas KAR Top Up. Dengan melakukan top up, debitur KPR dapat meminjam uang untuk kebutuhan pendidikan.

Menristekdikti menyambut hangat kehadiran pinjaman pendidikan dari BTN. Dengan itu diharapkan orang tua terbantu, karena bunga yang ditawarkan memang cukup ringan.

Pemerintah juga berharap kemudahan ini dapat meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi yang saat ini baru di angka 30-an persen.

“Akan tetapi kami berharap pinjaman pendidikan ini bunganya 0 persen. Atau dibayarkan pada saat sarjana dan susah bekerja. Ini sedang kami ajukan ke kementerian keuangan untuk nanti dapat dibuat aturannya,” kata Nasir. (dianw/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here