Masyarakat Melayu Deklarasi Mendukung Eramas

0
Tokoh masyarakat Melayu foto bersama usai menyatakan dukungan ke Eramas. Waspada/Rahmat Utomo

MEDAN (Waspada): Masyarakat Adat Melayu Pantai Timur, mulai dari Langkat di Utara hingga Kotapinang di Selatan Sumatera Utara, mendeklarasikan mendukung pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) di Istana Maimun, Sabtu (14/4) malam.

Masyarakat Adat Melayu ini terdiri dari para Sultan, Datok, Cerdik Cendikia Melayu, Ormas Melayu dan komunitas Melayu. Pembacaan ikrar deklarasi dibacakan Yang Dipertuan Sultan Kualuh, Tengku Zainul Abidin Al-Haj yang diikuti seluruh hadirin. Turut hadir Sultan Serdang diwakili Datuk Ramunia, Raja Muda Kesultanan Asahan Tengku Syahreza, Kesultanan Deli diwakili Tengku Erfan Al Rasyid, Kesultanan Langkat, Laskar Melayu T Zulfakas dan Zuriat Kotapinang, Panai dan Bilah.

Adapun Piagam Deklarasi yang dibacakan berbunyi, pertama, Masyarakat Adat Melayu Pantai Timur mendukung pasangan Eramas pada Pilgubsu periode 2018-2023.

Kedua, ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan pasangan Eramas terhadap masyarakat luas di mana pun berada dengan melakukan berbagai upaya semaksimal mungkin. “Lalu yag ketiga bersedia memantau dan mengawasi pada tiap TPS di sekitar kita, serta dapat melakukan upaya persuasif agar mengurangi angka Golput,” ujar Tengku Zainul.

Lalu yang keempat, lanjutnya, menjaga dan mematuhi pertaturan yang ditetapkan KPU di dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi. “Dan ke lima terus berdoa dan bekerja keras. Semoga Allah SWT meridhoi pekerjaan kita yang tulus,” ujarnya.

Usai pembacaan ikrar, piagam tersebut langsung diserahkan kepada Sekretaris Forum Relawan Pemenangan Eramas, Harmen Ginting sebagai bukti dukungan. Sebelum pembacaan ikrar, Tokoh Cendikia Melayu  dan Penggagas Kemajuan Pantai Timur Sumut Syarifuddin Siba dalam sambutannya mengajak masyarakat Melayu untuk memperjuangkan kemenangan Eramas.

Sudah menjadi kewajiban kita mendukung pasangan Eramas. Coba lihat Edy Rahmayadi, dia adalah Letnan Jendral yang meninggalkan jabatan Pangkostrad, hanya  demi Sumut. Dia mau mengorbankan statusnya, hanya demi masyarakat Sumut, mana  ada lagi pemimpin di Sumut seperti beliau,” ujarnya.

Syarifuddin Siba menyebutkan, pasangan Eramas merupakan putra terbaik Melayu dan Sumut. Masyarakat  Melayu juga identik  dengan Islam. “Jadi kita tak boleh macam-macam lagi dan menyimpang dari garis ini, kita harus memilih Eramas sesuai dengan syariat Islam dalam hal memilih pemimpin. Jika ada saudara-saudara Melayu kita yang menyimpang mari sama-sama kita berusaha mengingatkan,” ungkapnya.

Untuk itu kata Syarifuddin Siba mari sama-sama memenangkan Eramas,  karena kemenangannya sangat menentukan nasib Sumut  lima tahun ke depan. Kita butuh pemimpin yang  tegas, dan bermartabat yang menginginkan Sumut yang lebih baik. Pilih lah Eramas, ini terkait akidah dunia dan akhirat. Semoga Melayu semakin berjaya dan Sumut Bermartabat,” katanya.

Ditambahkannya, Edy Rahmayadi juga memiliki cita-cita yang tinggi terhadap kemajuan Masyarakat Melayu, dulunya masyarakat Melayu pernah melakukan  Kongres yang sisinya berisi poin penting, salah satu nya terkait  dunia pendidikan dan ekonomi.

“Kita sudah kasih laporan itu kepada gubernur sebelumnya namun belum digubris. Namun saat saya sampaikan itu kepada Edy Rahmayadi, dia bertekad nantinya akan membuat taman  seluas 40 H untuk pusat agama, budaya dan ekonomi sesuai dengan isi kongres itu.”

Saya tidak tahu apa jadinya nasib masyarakat Melayu jika ia tidak terpilih. Kalau sampai ia gagal siapa lagi yang akan meneruskan cita-cita itu. Karena itu kita harus mendukungnya. Kalau ada kerabat Melayu yang menyimpang jangan segan-segan menegurnya,” tambahnya.

Sementara itu ketua panitia kegiatan ini Hj Fatmawati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan serupa juga pernah dilakukan di Tanjung Balai dan beberapa daerah lainnya.

“Kegiatan ini tidak cukup dilakukan sekali saja, kegiatan ini adalah ikon untuk menggencarkan dukungan kepada Eramas  guna menjaga masyarakat untuk terus berpihak pada Eramas. Karena itu kita harus bersemangat dan menyampaikan pesan ini berulang-ulang seperti informasi iklan,’’ ujarnya. (cru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here