ADD Aceh Tamiang Belum Dicairkan

0

ACEH TAMIANG (Waspada): Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2018 untuk seluruh kampung di Kabupaten Aceh Tamiang hingga pertengah April 2018 belum bisa dicairkan. Pasalnya, pembuatan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) masih dalam tahap penyusunan di masing-masing kampung.

“Disamping itu, adanya regulasi baru tentang program padat karya tunai yang di masukkan dalam program dana desa harus dilakukan perubahan,” kata Drs Tri Kurnia Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (17/4) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, program padat karya tunai tersebut merupakan salah satu petunjuk teknis (Juknis) dalam pengelolaan dana desa, untuk program padat karya tunai ini dikeluarkan Maret 2018 oleh Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD).

“Program padat karya tunai lebih mengedepankan pelibatan semua elemen masyarakat di tingkat kampung, terlebih lagi bagi suatu pekerjaan di kampung tidak dibolehkan lagi untuk di pihak ketigakan,” sebut Tri Kurnia sembari menegaskan, terkecuali terhadap pekerjaan yang tidak mungkin dikerjakan manusia dan harus menggunakan alat berat.

Menurutnya, program padat karya tunai tersebut lebih kepada pemberdayaan upah kerja bagi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan melalui dana desa, “jadi program ini memberikan keuntungan bagi kampung karena bisa langsung di masukkan dalam anggaran dana desa tahun 2018 ini,” ujarnya.

Ketika ditanyakan berapa jumlah dana desa yang diperoleh masing-masing kampung (desa) di Kabupaten Aceh untuk tahun 2018 ini, Tri Kurnia menyebutkan secara umum rata-rata berkisar Rp.700 juta lebih.

Kadis BPM Aceh Tamiang,Tri Kurnia juga mengakui masih ada kampung-kampung yang belum menyetorkan uang pajak dari kegiatan yang sudah dilaksanakan tahun sebelumnya. “Namun, terkait hal ini saya belum mendapatkan informasi yang pasti berapa kampung yang di duga tertunggak pajaknya, tapi saya ada dengar kalau ada kampung yang belum melunasi kewajiban pajak,” pungkasnya. (cri/B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here