PLN Rayon Berastagi Pastikan Tidak Ada Pemadaman Listrik Di Bulan Suci Ramadhan

0
205

BERASTAGI (Waspada): PLN Rayon Berastagi memastikan tidak ada pemadaman lampu listrik pada bulan Ramadhan, bila tidak terjadi (bencana alam) forje majore. Karena sebelum memasuki bulan Ramadhan, pihak PLN Rayon Berastagi  sudah melakukan pembersihan jaringan dari kemungkinan terjadinya gangguan akibat pohon tumbang yang  pada  jaringan tegangan menengah

Selain itu,  PLN Rayon Berastagi sudah memiliki daya 400 Amper atau sekitar 4 Mega Watt untuk melayani sekitar 31.500 pelanggan. Sebagai sumber listrik yang ada di Berastagi berasal dari gardu Induk Berastagi di Desa Korpri. Tapi asalnya dari Sistem Medan dan Sistem Sibolga. Sistem Medan pembangkit listriknya ada di  Pangkalan Susu dan Sistem Sibolga ada pembangkit listrik di Labuhan Angin, sebab pembangkit listrik di Raja Berneh Berastagi oleh PT.  Dizamatra, tidak berfungsi untuk saat ini, maka bila salah satu pembangkit ini tidak berfungsi yang lainnya bisa memback up.

Dan bila arus terputus dari Medan, maka arus yang berasal dari Sibolga bisa dikoneksikan untuk mengatsi pemadaman lampu karena sistemnya dipetakan sudah seperti cincin.

Hal ini disebutkan Kepala PLN Rayon Berastagi Abdi Mugiono kepada Waspada, Kamis (17/5) petang di Berastagi. Untuk pelayanan sambungan arus listrik pada Rayon Berastagi, jalurnya terbagi tiga yakni  Berastagi 1 (BT1, BT2 dan BT3,) kata Abdi Mugiono.   Jalur vider BT 1, melayani kawasan Peceren sampai Sibolangit,  Barusjahe,  Lau Gendek,  Sampun, Gundaling, Juma Raja dan Keling. Vider BT2 hanya melayani jalur kota Berastagi dan Vider BT3 melayani Kutarayat hingga Tiga Binanga.

Bila salah satu jalur ini terjadi pemadaman listrik,  maka untuk mengatasinya dalam kondisi darurat, dapat dibuat sistem pinjam koneksi dan jika koneksinya kembali aktif,  maka sambubganya bisa di normalkan kembali seperti sebelumnya.

Untuk penguatan sistem, PLN Rayon Berastagi sudah memasang penyulang baru saat ini namun pekerjaanya belum selesai, ujarnya.

Disinggung tentang terjadinya pemadaman  lampu listrik akhir-akhir ini,  Abdi Mugiono membenarkan, dan sistem itu dilakukan karena ada perbaikan jaringan di daerah pemukiman penduduk Listrik Bawah sekitar perbaikan jalan Nasional jurusan Medan -Berastagi pada Km 63, sebab ada sambungan yang terlepas.  Namun yang pasti,  pemadaman listrik di bulan suci Ramadhan pada Rayon Berastagi tidak akan terjadi, terkecuali akibat bencana alam.

Dihimbau kepada pelanggan supaya menghindari penyambungan listrik legal tanpa pengaman karena hal ini dapat membahayakan bagi siapapun yang melakukannya kemudian bayarlah rekening listrik sesuai tenggang waktu, tandasnya.

Sejumlah warga kota wisata Berastagi menyikapi positif upaya PLN Rayon Berastagi untuk tidak melakukan pemadaman lampu disaat bulan Ramadhan.  (cpn, a36)

Waspada /Panitra Nedy

Warga Berastagi menunjukan jaringan kabel listrik di jalan Kenanga Berastagi untuk dilakukan perbaikan karena kabelnya mulai kendor.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here