Doakan Sumut Aman Dari Teroris

0
35

MEDAN (Waspada) : Polda Sumut mengindikasikan wilayah Sumut masih aman dari tindakan aksi terorisme, pasca penangkapan beberapa terduga teroris di Tanjung Balai dan sejumlah wilayah di Medan.

“Kita doakan Sumut aman dari tindakan terorisme,” kata Direktur Intelijen dan Keamanan (Intelkam) Polda Sumut,Kombes Pos Dedi Kesuma kepada wartawan, Rabu (16/5). Namun, diakuinya, dari serangkaian penyergapan dilakukan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang dibackup Ditintel Polda Sumut, jaringan teroris di Sumut terbukti ada.

Akan tetapi, sambung Dedi,Sumut masih aman dari serangan aksi terorisme. ”Ya namanya kalau orang itu (teroris) dimana pun tetap ada, tapi yang pentingkan Sumut aman. Mari kita doakan bersama-sama,” katanya.

Tapi, ia enggan menjawab, terkait bukti yang menguatkan jika terduga teroris yang diamankan Densus 88 AT Mabes Polri bersama Ditintel Polda Sumut, merupakan anggota jaringan teroris di Sumut. “Kalau itu silakan tanya ke Humas Mabes Polri, karena wewenangnya menyangkut teroris mereka yang berhak menjawab,” kata Dedi.

Sementara, berapa jumlah WNI dari negara Suriah pulang ke Sumut,apakah diberikan pengamanan khusus, dia menampiknya. Dedi mengatakan, tidak ada warga Sumut yang pulang dari Negara tersebut.

“Tidak ada itu, tidak ada yang pulang dari Suriah. Ngeri kali itu, mari kita doakan bersamalah jangan dibuat mencekam. Aman lah situasinya. Berdoa saja di gereja, di masjid semoga Sumut aman,” katanya.

RS Bhayangkara

Sebelumnya sejumlah terduga teroris yang ditangkap  Densus 88 di Kota T. Balai, diboyong ke RS Bhayangkara Medan, Rabu (15/5) malam. Mobil ambulan  yang membawa pelaku  ke rumah sakit mendapat pengawalan ketat.

Pantauan wartawan, didepan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Bhayangkara, sejumlah personel kepolisian tampak berjaga-jaga dengan bersenjata lengkap. Polisi juga tidak memperkenankan wartawan untuk mendekat ke area ruang IGD.

Terduga teroris yang mengalami luka, langsung ditangani tim medis. Namun, belum ada keterangan pasti berapa jumlah terduga teroris yang dibawa dan ditangkap, serta bagaimana kondisinya, apakah tewas atau hanya mengalami luka-luka.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpau yang dikonfirmasi membenarkan jajarannya melakukan penangkapan terhadap sejumlah terduga teroris.Selain itu Kapolda juga membenarkan ada terduga teroris yang ditembak.

“Saya baru konfirmasi karena memang belum cukup lama ya, ada informasi penangkapan tapi hasilnya seperti apa kemungkinan besar belum bisa dikomunikasikan. Nanti mungkin setelah tim itu tiba di Polda.  Namun masih menunggu para terduga teroris dibawa ke Mapolda Sumut. Ada juga yang ditembak. Hasilnya seperti apa belum bisa diinformasikan,”ucapnya.

Sedangkan Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan sebelumnya juga membenarkan telah dilakukan penindakan terhadap terduga pelaku teroris yang dilakukan oleh Densus 88 Mabes Polri yang dibackup oleh Polda Sumut.  “Saat ini masih dalam pengembangan. Untuk jumlahnya kita belum bisa pastikan, memang ada yang dilakukan tindakan tegas,”katanya. (m39/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here