Layanan Damkar Di Asahan Minim

0
147
DUA rumah terbakar di Kec. Aek Ledong, Kamis (17/5) sekira pukul 01:15 dinihari tanpa bantuan damkar Asahan.(Waspada/Ist)

AEK LEDONG (Waspada): Dua rumah di Dusun 1 Desa Ledong Barat, Kec. Aek Ledong, Kab. Asahan perbatasan Aekkanopan Kab. Labura terbakar pada hari pertama Ramadhan, Kamis (17/5) sekira pukul 01:15 dinihari. Akibatnya, salah satu dari rumah tersebut habis terbakar sebelum mendapat bantuan dari pemadam kebakaran (Damkar).

“Dua rumah yang terbakar milik dua orang janda yaitu Bu Sukesi, 70, dan Bu Samikem, 47. Rumah Bu Sukesi terbakar total, sedangkan Bu Samikem sekitar 50% terbakar. Kami dan warga telah memberi bantuan sembako. Tadi malam, damkar Labura yang membantu pemadaman. Kalau dari pos damkar Pulau Rakyat Kab. Asahan, tentu saja rumah yang terbakar di sini keburu habis,” kata Panusunan Rambe SH, Camat Aek Ledong.

Dijelaskan Panusunan, ada 6 kecamatan dengan hanya 1 pos damkar di kawasan itu, yaitu Kec. Aek Ledong, Aek Kuasan, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Rahuning dan Pulau Rakyat. Ada pun pos damkar untuk 6 kecamatan itu terletak di Pulau Rakyat.

Riki Hendrawan, 22, warga Dusun III Desa Padang Sipirok, Kec. Aek Ledong yang juga Wakil Sekretaris Umum DPP Lingkar Mahasiswa Asahan menyesalkan karena mobil pemadam kebakaran dari Asahan tidak ada yang turun ke lokasi.

“Sangat disayangkan, Kab. Asahan yang sudah lahir cukup lama, namun pos damkar sangat minim. Kebakaran di sini minim bantuan.”

Hal senada dikatakan Faisal Fariz, 28, warga Dusun II Desa Ledong Timur, Kec. Aek Ledong. Ketua DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sumut itu berharap Pemkab Asahan memperhatikan kondisi di lapangan terlebih ujung Asahan.

Pemkab Asahan melalui Dinas Kominfo mengakui bahwa sampai saat ini posko damkar belum merata di setiap kecamatan.

“Kita sebenarnya sudah memprogram untuk mendirikan posko pemadam beserta armadanya di setiap kecamatan, namun bertahap,” jelas Rahmat Hidayat Siregar, Kadis Kominfo.(Char/a15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here