Elnusa Petrofin Sukseskan Distribusi BBM Pertamina

0
206
Armada tangki siap mendistribusikan BBM ke SPBU. Waspada/Ist

JAKARTA (Waspada): Sebagai wujud komitmen perusahaan yaitu Hadirkan Energi Untuk Negeri, PT. Elnusa Petrofin (EPN) sebagai salah satu Fuel Fleet Management Bahan Bakar Minyak (BBM) yang resmi ditunjuk oleh Pertamina (persero) siap mendukung serta mensukseskan distribusi BBM Pertamina selama masa Mudik Lebaran 2018.

EPN juga mendukung SATGAS (Satuan Tugas) Pertamina (persero) yang dibentuk khususnya pada saat perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal serta Tahun Baru, di mana tugas utama dari SATGAS ini adalah untuk memastikan distribusi BBM Pertamina ke SPBU maupun sarana lainnya terlaksana dengan lancar, aman dan sesuai dengan jadwal.

Elnusa Petrofin mengelola dan mendistribusikan BBM Pertamina (persero) di lebih dari 40 lokasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina di seluruh Indonesia baik ke SPBU maupun pelaku industri. Memiliki sekitar 4900 Awak Mobil Tanki tersertifikasi dan terlatih yang tersebar di seluruh Indonesia dari ujung Sumatera sampai dengan Papua.

Faktor safety (Keselamatan dan Kesehatan kerja) merupakan sesuatu yang sangat penting dan tentu tidak dapat ditawar lagi bagi PT. Elnusa Petrofin dalam setiap operasional bisnisnya termasuk dalam layanan Fuel Fleet Management yang ditawarkan. EPN membekali setiap Awak Mobil Tanki (AMT) dengan pelatihan skill dan keselamatan secara terpadu serta berkala untuk memastikan setiap AMT memahami dan memiliki standar keselamatan yang unggul.

Sejak Maret 2018 Manajemen Elnusa Petrofin telah mengeluarkan instruksi agar seluruh unit Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk Rest Area bagi AMT yang dilengkapi sensor mata untuk wilayah pendistribusian BBM melebihi waktu tempuh 6 (enam) jam atau memiliki jarak tempuh 250 km sekali jalan. Saat ini lokasi rest area yang tersedia bagi AMT PT. Elnusa Petrofin antara lain di TBBM Dumai, Krueng Raya, Medan, Siak, Sibolga, Gunung Sitoli, Lhokseumawe, Bima , Badas, Palopo, Banjarmasin, Jambi, Samarinda menyusul di wilayah lainnya dalam waktu dekat. “Rest Area ini dimaksudkan sebagai fasilitas AMT untuk beristirahat sehingga resiko kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan dapat dicegah sejak dini dan AMT dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal,” kata Hafid Mulyadi, Direktur Utama PT. Elnusa Petrofin.

Selain sangat memprioritaskan faktor keselamatan, EPN juga telah menerapkan teknologi terkini dalam mendukung efektifitas dan efisiensi perusahaan. Seperti terlihat dalam implementasi Sistem Informasi Operasi dan Distribusi (SIOD) serta implementasi dan intergrasi LO non fisik atau Anjungan Validasi Mandiri (AVM) serta Terminal Automation System (TAS) dalam menunjang Fuel Fleet Management System yang memungkinkan semua data operasional terekam dan secara otomatis akan terintegrasi dengan aplikasi MYSAP Pertamina. Data operasional ini nantinya akan dapat diakses secara real time sehingga memudahkan kontrol atas kegiatan operasional di lapangan.

Di tahun 2015 EPN juga mendukung program kerja Pertamina yaitu Marketing Operation Excellent (MorE) dengan tujuan untuk efisiensi dalam segala lini, salah satunya melalui pengendalian losses land transportation. Program yang telah disusun Bersama New Integrated Fleet Management System (New IFMS) yang terdiri beberapa program dan fitur monitoring serta dapat diakses oleh Pertamina, Fleet Management (Patra Niaga dan Elnusa Petrofin) serta Pengusaha SPBU (secara selektif).

Tahun 2016 EPN selaku operator Fleet Management telah melakukan launching GPS Tracking System, Online Delivery System(ODI) di hampir semua lokasi TBBM yang dikelola oleh EPN dan melakukan beberapa pengembangan fitur dalam SIOD seperti Tyre Management System (TMS), Maintenance Management System (MMS), Ritase dan Auto scheduling yang saat ini dalam proses implementasi di seluruh unit TBBM yang dikelola oleh EPN.

Program kesejahteraan AMT juga menjadi perhatian Manajemen PT. Elnusa Petrofin, hal ini ditunjukkan dengan reward perjalanan ibadah bagi AMT berprestasi yang dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan agama AMT, Ibadah Umroh ke Makkah Madinah bagi AMT yang beragama Islam, Ke Jerusalem bagi AMT beragama Nasrani dan bagi AMT yang beragama Hindu perjalanan ibadah ke India. Selain itu diberikan beasiswa bagi putra putri AMT yang berprestasi dan beragam fasilitas lainnya.

Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, jasa pengelolaan Depo BBM, penjualan BBM Industri & Marine, trading Chemical, trading Pelumas & Asphal dan Ritel Bahan Bakar (SPBU&SPBE). Elnusa Petrofin berhasil memberikan kontribusi sekitar 60 revenue persen kepada PT Elnusa Tbk. atas kinerja tahun 2017. Selain itu Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here