KPU Pindahkan Lokasi Kampanye Terakhir, Eramas Keberatan

0
361

MEDAN (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut mengeluarkan Surat Keputusan (SK) KPU No. 122 tentang perubahan lokasi kampanye. Dalam SK tersebut lokasi kampanye terakhir Djoss dipindahkan dari zona Medan A ke Lubukpakam.

Surat keputusan inipun sudah diterima tim kampanye Edy Rahmayadi dan akan mempelajarinya terlebih dulu.

“Tapi kita akan mengajukan keberatan atas perubahan lokasi itu, karena awalnya lokasi kampanye ini berdasarkan kesepakatan bersama. Kemudian kesepakatan bersama untuk menentukan lokasi kampanye itukan diadakan pengundian, di mana Paslon No. 1 mendapat lokasi Zona Medan B dan Paslon No. 2 mendapat lokasi Zona Medan A, dibuat lah surat kesepakatan dan KPU menindaklanjutinya dengan SK,” kata Sekretaris Tim Kampanye Eramas Sandri Harahap kepada Waspada, Selasa (12/6).

Kampanye pun berjalan sebagaimana yang sudah diatur dalam kesepakatan tersebut. “Inikan berjalan, kampanye pertama Eramas di Asahan. Kemudian, usai kampanye satu berjalan, masuklah kampanye tahap dua, tiba-tiba ada surat dari kepolisian tentang pertimbangan jadwal kampanye, alasannya ada perubahan waktu dan tempat. Tapi kita tetap tidak setuju, karena kita merasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam kampanye ini, soal keamanan kita serahkan kepada pihak kepolisian,” ungkapnya.

Tim Kampanye Eramas memang diundang tentang rencana perubahan lokasi kampanye tersebut lebih dari satu kali. “Ada satu sampai tiga kali kita diundang rapat, tapi hasilnya tidak ada kesepakatan. Kita bolak-balik diundang rapat dan tim kita otomatis menyerahkan kepada KPU, apakah menerima atau menolak. Tapi kita tetap pada keputusan awal yaitu mengacu keputusan KPU yang pertama,” imbuhnya.

Namun, lanjutnya, ternyata KPU menyerahkan keputusan dari hasil pleno mereka yaitu SK KPU No. 122 tentang perubahan lokasi. “Jelas kita akan keberatan, dan kita akan mempelajari bersama tim dan akan menyampaikan keberatan itu secara tertulis kepada KPU. Nanti bisa dilihat,” tambahnya.

Sebelumnya, dari hasil pengundian, Eramas berkampanye Akbar terakhir di Lapangan Merdeka dan pasangan Djoss di Lapangan Tanah 600 Medan Marelan pada 23 Juni 2018. Namun, dalam SK 122 tersebut dipindahkan ke Lapangan Lubukpakam.

Sementara alasan lain yang disampaikan pihak kepolisian bahwa jika kedua paslon melaksanakan kampanye terakhir bersamaan waktunya di Kota Medan dikhawatirkan akan dapat menimbulkan gesekan massa saat menuju maupun pulang dari lokasi kampanye. (h02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here