Kepala Basarnas: Benda Di Kedalaman 400 M

0

TIGARAS (Waspada): Hasil pencarian Tim SAR Gabungan dipimpin Kepala Basarnas Marsekal Madya M.Syaugi hari ke tujuh, Minggu (24/6), menemukan indikasi “adanya sesuatu” yang ditangkap MASS Sonar.

“Masih indikasi, realitanya begitu,” tegas M.Syaugi Pukul 16.04 WIB setelah mendarat dari pencaharian sejak Pukul 08.25 WIB Minggu (24/6).

Syaugi menjelaskan, alat deteksi itu menangkap ada sesuatu di kedalaman 400 meter lebih, sekira dua kilometer setengah di baratdaya titik tenggelamnya KM Sinar Bangun 5. Bahkan ada dua “benda” yang terekam.

“Kita belum bisa memastikan itu dia (bangkai KM Sinar Bangun-red). Bisa saja benar bisa juga benda itu sudah ada sebelumnya. Kita masih akan tindak lanjuti indikasi ini,”ujarnya.

Beberapa menit sebelum Marsekal Madya M.Syaugi dengan Tim Utama merapat di dermaga, beredar di WA bahwa tim survey Basarnas dan Mahakarya Geo Survey – IAITB yg dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas telah menemukan dan mengidentifikasi posisi KM Sinar Bangun di koordinat: 2 deg 47’ 3.835 N, 98 deg 46’ 10.767 E kedalaman 450 meter.

“Mengingat kondisi kedalaman yang mencapai 450 meter, kami usulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 semi work class untuk membantu proses pengangkatan kapal yang diperkirakan banyak korban masih terperangkap di dalam badan kapal,” demikian antara lain bunyi pesan WA dan paling bawah tercantum nama N.Henky Suharto. (a10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here