Finis Ketiga Bayaran Belgia

0
64

ST PETERSBURG (Waspada): Pelatih Roberto Martinez (foto) ingin finis ketiga sebagai bayaran dari kekalahan Belgia dengan skor 0-1 atas Prancis pada semifinal Piala Dunia 2018.

“Kekecewaan sangat besar, ruang ganti sangat menyedihkan. Saya tidak ingin pemain saya menjadi frustrasi dan kecewa, tapi ini emosi yang sulit untuk diatasi,” jelas pelatih asal Spanyol itu, seperti dilansir Reuters, Rabu (11/7).

“Kami harus berkumpul kembali, memulihkan diri dan melihat peluang untuk finis di posisi ketiga Piala Dunia yang jarang terjadi. Satu-satunya momen sepakbola Belgia adalah pada 1986, ketika kami menempati posisi keempat,” tegas Martinez.

Mampu mendominasi penguasaan bola di St Petersburg, Rusia, Selasa (Rabu WIB), tetapi Belgia gagal menerobos benteng pertahanan Prancis. Gol sundulan bek
Samuel Umtiti menit 51 kemudian menamatkan kans kampiun The Red Devils.

“Pertandingan sangat ketat, tidak banyak momen besar. Perbedaan antara kekalahan dan kemenangan hanyalah pada satu situasi bola mati,” ratap Martinez.

“Kami mengendalikan serangan balik mereka. Kami menguasai bola, tetapi harus memberikan pujian atas cara Prancis bertahan. Kami tidak dapat menemukan sedikit keajaiban di depan gawang,” tambah mantan manager Everton itu.

Duel menyajikan adu taktik yang memukau. Prancis memilih main bertahan dengan memanfaatkan kecepatan Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Blaise Matuidi untuk menaklukkan Belgia lewat serangan balik.

Martinez membantah keputusannya memainkan Mousa Dembele di lini tengah memiliki pengaruh besar pada hasil akhir. Dembele merupakan pilihan mengejutkan untuk mengisi posisi Yannick Carrasco dengan menggeser posisi Kevin De Bruyne di sisi kanan.

Momen terbaik De Bruyne hadir ketika dikombinasikan dengan Eden Hazard di sisi berlawanan. Belgia kehilangan kemampuannya untuk langsung menyerang, striker Romelu Lukaku bahkan jarang sekali mendapatkan umpan.

“Saya tidak melihat Prancis lari dari permainan. Gol datang dari tendangan sudut, itulah mengapa saya tidak berpikir penampilan turun ke individu,” dalih Martinez.

“Kami telah menunjukkan sebagai tim yang sangat bagus. Kami bangga atas apa yang telah kami raih. Sebagai kapten, saya bangga menjadi bagian tim ini,” timpal Eden Hazard, kapten Red Devils asal klub Chelsea. (m15/rtr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here