Irsan-Arwin Segera Dilantik

0

P.SIDIMPUAN (Waspada): Ketua Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) H Ridwan Rangkuti SH MH menegaskan, tidak ditemukan alasan hukum apapun yang dapat menunda pelantikan Irsan Efendi Nasution SH dan Ir H Arwin Siregar MM sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Periode 2018-2023.

“Demi kepastian hukum, paslon yang mengusung jargon Sidimpuan Bersinar ini harus segera dilantik. Karena tidak ada alasan hukum apapun yang menghalangi pelantikan mereka,” tegas Ridwan lewat pesan WA kepada Waspada.

Pria yang di Pilkada Sidimpuan kemarin diketahui cukup intens mendampingi Paslon No.2 Rusydi Nasution-Abdul Rosad Lubis menjelaskan, pelanggaran Pilkada ada batas waktu pengajuan gugatannya.

Jika ada ditemukan tindak pidana Pemilu, pelanggaran administrasi atau sengketa perhitungan suara, maka gugatannya diajukan sebelum tahapan selesai. Bukan setelah tahapan berlalu.

“Misalnya, dugaan tidak lengkapnya syarat calon yang digugat setelah pemungutan suara, maka keberatan atau pengaduan terhadap masalah itu sudah daluwarsa. Sehingga harus ditolak dan dinyatakan gugur demi hukum,” jelasnya.

Ridwan menambahkan, pelanggaran yang terjadi di Pemilu itu berbeda dengan tindak pidana yang terjadi dalam masa jabatan. Karena pada pelanggaran jabatan, meski sudah pensiun, pejabatanya masih bisa diproses hukum.

“Maka, demi kepastian hukum, Irsan dan Arwin harus dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Periode 2018-2023. Tidak ada alasan hukum yang dapat menghalanginya,” tegas Ketua Peradi Tabagsel. (a27/C)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here