Usai Beraksi, Tiga Pelaku Hipnotis Ditangkap

0
215
KETIGA pencuri modus hipnotis diamankan di Mapolsek Padang Bolak.(Waspada/Sori Parlah Harahap/B)

GUNUNGTUA (Waspada): Jajaran unit Reskrim kepolisian sektor Padang Bolak, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) menangkap tiga pelaku hipnotis yang beraksi di wilayah Gunungtua, Rabu (11/7).

Ketiga pelaku IB, 34, AN, 32, AAH, 27, warga Sibuhuan, Kab. Padang Lawas (Palas) ditangkap polisi berdasarkan laporan korban Anni Harahap, 77.

Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang SH melalui Kanit Reskrim Ipda Doli Silaban menjelaskan, ketiga pelaku melakukan penjahat dengan hipnotis dan berpura-pura mengenal anak korban.

Saat menjalankan aksi, pelaku menggunakan mobil avanza veloz warna hitam BM 1603 JW yang diamankan bersama sejumlah barang bukti antara lain 2 cincin emas, 1 STNK mobil Avanza BM 1603 JW, 1 SIM A a/n. BUANA SAKTI dan 1 kunci mobil Avanza.

Kronologisnya, kata Kanit, saat itu korban Anni Harahap berdiri di pinggir jalan lintas Gunungtua tepatnya di Lingkungan I Pasar Gunungtua, sekira pukul 11.30.

Saat itu datang mobil Avanza dikendarai 3 pelaku dan menegur korban dengan ucapan ‘Mama si Komar ya..??,’ dan korban menjawab ‘Iya,’.

Kemudian korban menanyakan, ‘Kenapa kamu kenal dengan si Komar,’ yang dijawab pelaku ‘Saya teman satu kerja dengan si Komar di kantor Walikota Padangsidimpuan’.

Selanjutnya pelaku mengatakan ‘Saya mau ke rumah, karena orangtua saya sudah berada di rumah uwak pulang dari pondok,’. Lalu korban naik ke dalam mobil pelaku.

Pada saat di dalam mobil, pelaku meminta agar cincin korban dilepas dari jari dengan alasan kalau cincin dipakai dalam mobil maka alarm mobil berbunyi. Korban menurut melepaskan cincin dari jarinya dan menyerahkan kepada pelaku, selanjutnya pelaku memasukkan tisu ke dalam tas korban yang menurutnya adalah cincin miliknya.

Kemidian, pelaku menurunkan korban di depan kantor Bank Sumut Gunungtua. Lalu korban memeriksa isi tasnya dan ternyata tisu yang diberikan pelaku berisi uang logam sedangkan cincin miliknya dibawa kabur pelaku.

Setelah turun dari mobil, korban sadar ia dihipnotis dan langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Padang Bolak.

Berdasarkan laporan korban, tim Polsek langsung melakukan penyelidikan dan mendapat informasi tersangka pelaku melarikan diri ke arah Sibuhuan.

Di jalan lintas Barumun Tengah, Sibuhuan ke tiga tersangka berhasil ditangkap dan digelandang bersama barang bukti ke Mapolsek Padang Bolak.(a35/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here