Penyesalan Southgate

0
MANAJER Gareth Southgate (tengah), menghibur Dele Alli cs usai kekalahan Inggris dari Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.(AP)

MOSKOW (Waspada): Manajer Gareth Southgate, menyesali kegagalan Timnas Inggris mencetak lebih banyak gol di babak pertama hingga kemudian dikalahkan Kroasia 1-2 pada semifinal Piala Dunia 2018.

“Saya pikir di babak pertama kami benar-benar bagus dan mungkin kami bisa mencetak gol-gol lainnya,” ucap Southgate kepada ITV, sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (12/7).

“Saya pikir sepakbola di sistem gugur tentang selisih yang tipis. Ketika Anda memiliki kans bagus melawan tim yang baik, Anda harus memanfaatkan peluang itu,” tambah mantan bek Aston Villa tersebut.

Inggris sepertinya berada di jalur menembus final buat kali kedua setelah edisi 1966, Rabu (Kamis WIB), setelah unggul cepat saat laga baru berlangsung lima menit berkat gol tendangan bebas winger Kieran Trippier.

Tapi The Three Lions akhirnya gigit jari, karena Kroasia yang pantang menyerah bangkit membalikkan kedudukan dengan gol gelandang Ivan Perisic (68’) dan striker Mario Mandzukic (109’).

“Malam ini kami tidak cukup baik untuk berada di sana. Tetapi kami akan belajar dari itu, kami meninggalkan semuanya di luar sana,” papar Southgate.

“Saya tidak bisa meminta lebih banyak dari para pemain. “Kamar ganti adalah tempat yang paling sulit untuk saat ini,” tambah pelatih berusia 47 tahun itu.

baca juga Keajaiban Singa Kroasia

Sisi positifnya skuat St George Cross saat ini tergolong muda, rata-rata berusia 26 tahun. Kendati diisi talenta muda, Marcus Rashford cs selalu terlihat percaya diri dalam setiap pertandingan.

“Saya sangat bangga dengan tim ini. Saya pikir reaksi para suporter kepada mereka dibanding dua tahun lalu juga sudah berbeda. Saya yakin publik akan bangga,” klaim Southgate.

Akibat kekalahan di semifinal tersebut, Three Lions akan memperebutkan tempat ketiga melawan Belgia besok malam mulai pkl 21:00 WIB di Saint Petersburg.

“Kami sejatinya membutuhkan gol kedua untuk menyudahi pertarungan ini. Kami punya banyak peluang bagus, tetapi tidak mampu menuntaskannya,” tatap Jordan Pickford, kiper utama Inggris asal klub Everton.

“Kami tahu potensi serangan tim seperti Kroasia. Mereka punya deretan pemain berkualitas dan mereka sudah menunjukkan itu di babak kedua,” pungkas Pickford. (m15/afp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here