Kawasan Wisata Bukit Holbung Danau Toba Terbakar

0

SAMOSIR (Waspada): Kawasan wisata Bukit Holbung Danau Toba Desa Sampurtoba Kec. Harian, Kab. Samosir terbakar, Jumat (13/7) malam.

Selain Bukit Holbung, api juga melalap sejumlah perbukitan seperti Dolok Sipege, Simarsoit, dan Silimbat yang menjadi andalan pemandangan wisata di dengan view indah Danau Toba itu. Tidak banyak yang bisa dilakukan warga setempat dan pengelola objek wisata karena lokasi jauh dari sumber air.

Seorang pemandu wisata Bukit Holbung , Alfian Sihotang, 25, menjelaskan api sudah muncul sejak pagi diduga berawal dari perbukitan Pasir. Masyarakat katanya tidak mampu mengendalikan api yang dengan cepat melalap ilalang kering di sekitar perbukitan.

Kencangnya hembusan angin membuat api semakin cepat menyebar bahkan sampai malam sekira pukul 23.00, kebakaran masih berlangsung. Tidak tampak mobil pemadam ataupun petugas dari Pemerintah Kabupaten Samosir yang datang ke lokasi sehingga api dengan leluasa merembet ke berbagai arah.

“Kawasan ini setiap hari ramai dikunjungi wisatawan untuk kemping, foto prewedding mauapun sekedar menikmati matahari terbit dan terbenam, memang tergolong baru, tapi sudah dikenal masyarakat Sumut karena pemandangannya sangat indah dengan hamparan rerumputan dipadu dengan danau,” ujar Alfian.

Warga sekitar, Jihanuddin Sihotang, yang tinggal di lembah Sihotang tepatnya di kaki perbukitan yang terbakar menyebutkan api sangat jelas terlihat dari rumahnya. Menurut Jihad, kebakaran perbukitan yang biasa menjadi tempat menggembala kerbau dan lembu kerap terjadi di musim kemarau.

Masyarakat sekitar ungkapnya selalu dihantui ketakutan seperti ini karena tidak banyak yang bisa diperbuat. “Sering terjadi kebakaran, tapi belum pernah sampai ke pemukiman,” ujar pria yang akrab disapa Jihad ini.

Kapolsek Harian Boho Polres Samosir, AKP Darwin Ginting mengatakan kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Tidak ada korban jiwa maupun materi karena perbukitan itu hanya ditumbuhi ilalang tanpa ada pohon maupun tanaman milik masyarakat.

“Kebakarannya mulai pagi hingga malam, apinya mati sendiri tanpa ada pemadaman, kawasan wisata juga terdampak tapi tidak begitu signifikan,” ungkap Kapolsek. (a32)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here