Cegah Darurat Gizi, Kemkes Kirim 2 Ton Makanan Tambahan ke Lombok

0

JAKARTA (Waspada): Kementerian Kesehatan kembali mengirimkan 2 ton makanan tambahan kepada para korban gempa di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTB). PMT dikirimkan Selasa (7/8) pukul 05.25 WIB dan sekitar pukul 11.00 WIB melalui Bandara Soekarno Hatta. Sebanyak 2 ton PMT tersebut berisi 1,5 ton PMT Balita dan 0,5 ton PMT ibu hamil.

“Walaupun kondisi di sana darurat, Kemenkes terus berupaya menjamin para korban selain mendapatkan perawatan juga mendapatkan makanan bergizi. Pengiriman PMT itu dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kekurangan makanan bergizi pada korban gempa di sana,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati, dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (7/8).

PMT tersebut nantinya akan didistribusikan oleh pemerintah daerah, yang di antaranya sebanyak 0,5 ton akan didistribusikan ke Puskesmas Nipah, Kabupaten Lombok Utara.

“Sebetulnya, PMT merupakan program untuk ibu hamil kurang energi kronis dan untuk Balita kurus. Namun, mengingat bencana ini darurat dan untuk mencegah kekurangan makanan bergizi, PMT tersebut harus segera dikirimkan,”imbuh Widyawati.

Pengiriman PMT dilakukan berdasarkan permintaan dari pemerintah daerah. Kemudian teknis pendistribusian sampai ke masyarakat diatur oleh pemerintah daerah itu sendiri.

Saat ini, Kemenkes telah 2 kali mengirimkan PMT ke Lombok. PMT pertama dikirimkan pada Senin (30/7) dalam jumlah yang sama. PMT itu berisi 1 ton PMT Balita dan 1 ton lagi PMT untuk ibu hamil yang didistribusikan ke Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Barat.(dianw/B).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here