PKA VII: Lomba Boh Gaca, Aceh Timur Posisi Ke-5

0
Indah, peserta Aceh Timur yang mengikuti Lomba Boh Gaca di Musium Rumoh Aceh Banda Aceh, memerlihatkan lukisan inai di tangannya usai perlombaan berlangsung, Rabu (8/8). Waspada/Ist

BANDA ACEH (Waspada): Kabupaten Aceh Timur meraih posisi kelima dalam Katagori Lomba Prosesi Adat Boh Gaca (Pakai Inai—red) yang digelar dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII Tahun 2018 di Banda Aceh, 5–15 Agustus 2018.

Perlombaan boh gaca tersebut dipusatkan di Museum Rumoh Aceh di Banda Aceh, Rabu (8/8).

Kegiatan yang diikuti 24 kabupaten/kota dibagi dalam empat gelombang, dan setiap gelombang diikuti enam kabupaten/kota.

Perlombaan boh gaca dimulai sekitar pukul 09:00 dan berakhir sekira pukul 17:00. Perlombaan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba pukul 18:00.

Terbaik pertama diraih Banda Aceh, dan terbaik kedua dan ketiga diraih Aceh Selatan dan Singkil. Urutan keempat, kelima dan keenam masing-masing diraih Bireuen, Aceh Timur dan Aceh Barat.

“Aceh Timur untuk Katagori Boh Gaca berada di posisi kelima,” ujar Plt. Sekda Aceh Timur Drs. Zahri, MAP melalui Kabag Isra, Mujiburrahman, SE, MAP, Rabu (8/8) malam.

Dia berharap, peserta lain dalam berbagai perlombaan lainnya agar terus mempersiapkan diri agar tampil lebih maksimal dalam setiap perlombaan adat budaya di PKA.

“Masih banyak perlombaan dalam berbagai katagori, muda-mudahan Aceh Timur bisa tampil maksimal untuk meraih hasil yang lebih baik,” ujar Mujiburrahman.

Tidak sebatas mengikuti lomba, tapi banyak pelajaran yang dapat dipetik dari berbagai perlombaan adat dan budaya yang diikuti peserta.

“Paling tidak kita sudah mengenal kembali adat dan tradisi budaya di Aceh, seperti adat boh gaca untuk pengantin wanita pada malam pesta perkawinan,” tandas Mujiburrahman. (b24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here