Chelsea Rugi Lepas Courtois

0
50
AP
AP

MADRID (Waspada): Presiden Real Madrid Florentino Perez secara resmi memperkenalkan kiper anyar Thibaut Courtois (foto) kepada publik di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/8).

Transfer ini sepertinya merugikan Chelsea, baik secara finansial maupun kualitas penjaga gawang yang akan menggantikan peran Courtuis di Stamford Bridge, London.

El Real ‘hanya’ membayar 40,7 juta dolar AS untuk merekrut Courtois. Sebaliknya The Blues merogoh kocek hingga 80 juta euro untuk membeli kiper Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao.

“Thibaut Courtois merupakan salah satu penjaga gawang terbaik. Saya sangat menyukai dia,” ucap Gary Neville, bek legendaris Inggris dan Manchester United.

“Sementara di sisi lain, dia (Kepa) mesti mengisi lubang yang besar. Ini merupakan harga sangat mahal yang harus dibayar Chelsea,” tegas Neville.

Mantan gelandang Tottenham Hotspur yang kini membela Hull City, Ryan Mason, bahkan menilai Si Biru telah melakukan perjudian besar dengan melepas Courtuis.

“Itu perjudian besar, karena sangat sulit menggantikan Courtois. Bagi saya, dia kiper ketiga terbaik atau lima yang terbaik di dunia,” jelas Mason.

“Dia sudah membuktikannya selama bertahun-tahun. Saya belum melihat banyak kiper yang bisa datang dan dapat menggantikan itu,” tambah gelandang berusia 27 tahun tersebut.

Courtois sudah 154 kali memperkuat Chelsea sejak bergabung di Stamford Bridge tahun 2011. Kiper utama Timnas Belgia itu sempat tiga tahun dipinjamkan ke Atletico Madrid pada 2011-2014.

Banyak drama yang tersaji sebelum kiper berumur 26 tahun ini resmi pindah ke Madrid. Courtois malah sempat merajuk dengan mangkir dari sesi latihan London Blues.

Chelsea akhirnya menyerah dengan melepas Courtois ke Madrid dan mendapatkan gelandang Mateo Kovacic sebagai pelengkap dalam transfernya.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari Chelsea. Bermain di Liga Premier adalah kesempatan luar biasa. Terlebih bermain untuk Chelsea sebagai salah satu tim terbesar dunia,” tulis Courtois.

“Saya bangga bisa menyabet dua gelar Liga Premier, satu trofi Piala FA, dan satu mahkota Piala Liga. Rasa terima kasih mendalam saya ucapkan kepada seluruh elemen Chelsea atas empat tahun terakhir. Saya tak akan sukses tanpa kalian,” katanya lagi.

Chelsea yang kini diarsiteki manajer anyar Maurizio Sarri akan mengawali musim 2018/2019 dengan menjajal tuan rumah Huddersfield besok malam mulai pkl 2100 WIB. (m15/rtr/afp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here