Tak Jenuh Menimba Ilmu, Kini Raih Doktor

0

MEDAN (Waspada): Menyahuti kemajuan zaman dan ingin menjadi contoh untuk anak-anak dan generasi muda, serta pernah menjadi Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) di Kanwil Kemenag Sumut, Soritua Harahap yang kini sebagai Ka Biro IAIN Padangsidimpuan, ini berhasil meraih gelar Doktor Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dengan Judul Disertasi Strategi komunikasi kantor wilayah Kemenag dalam mewujudkan grand design madrasah di Sumatera Utara.

Menurut Soritua, Senin (6/8) dalam mewujudkan grand design madrasah, Kanwil Kemenag Sumut mengimplementasikan strategi komunikasi dengan cara mendayagunakan jaringan organisasi, membangun komunikasi organisasi yang kondusif dan membangun budaya organisasi. implementasi strategi komunikasi tersebut, mampu menanamkan nilai-nilai dan kepercayaan serta menumbuhkan kebersamaan dalam mewujudkan grand design madrasah yang dicita-citakan.

Untuk menyampaikan program keseluruh jajaran kemenag yang berada di wilayah Sumatera Utara, dengan beberapa cara, salah satunya menguatkan peran pemimpin sebagai ujung tombak komunikasi. Strategi komunikasi yang dilakukan pimpinan dapat mendukung terciptanya iklim komunikasi yang dapat memberikan suasana nyaman serta komunikasi berjalan lancar baik ke dalam maupun keluar lembaga, sehingga seluruh elemen loyal memberi dukungan bagi terwujudnya grand design madrasah.

Di hadapan dewan penguji, mantan Kakan Kemenag Nias ini memaparkan tujuan penelitian adalah menganalisa rancangan strategi komunikasi Kanwil Kemenag Sumut dalam mewujudkan Grand Design madrasah di Sumatera Utara.

Hasil penelitian yaitu Kanwil Kemenag Sumut merancang strategi komunikasi untuk menyampaikan program ke seluruh jajaran Kemenag yang ada di di wilayah Sumatera  Utara dengan cara mempersiapkan komunikator, merancang penyampaian pesan, memanfaatkan media efektif dalam menguatkan peran pemimpin sebagai ujung tombak  komunikasi dalam mewujudkan grand design madrasah. (m37)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here