Kasi Produksi Distan Palas Terjaring OTT

0
913
Tim Tipikor Poldasu menunjuk barang bukti OTT, sementara tersangka JP, oknum kasi produksi sedang menelpon.(Waspada/ist)

PADANGLAWAS (Waspada): Oknum Kepala Seksi Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Padanglawas, JP terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait kegiatan fasilitas penerapan budi daya tanaman padi dan palawija Tahun Anggaran (TA) 2018.

Menurut informasi yang dihimpun Waspada di lapangan, Kamis (9/8) sore, Tim Ditreskrim Poldasu mengamankan oknum yang diduga melakukan pemotongan dana bantuan kelompok tani.

Dalam kejadian itu petugas mengamankan barang bukti Rp 1.8 M, dalam bentuk uang tunai Rp. 1 miliar dan buku rekening tabungan berisikan Rp.800 juta . Selain uang tunai, sejumlah hand phone dan laptop juga ikut diamankan.

Dalam.pengembangan, selain JP kasi prosuksi, juga ikut ditangkap tim tipikor Poldasu, MHH, Kabid tanaman pangan dan holtikultura serta oknum Kadis Pertanian, AN beserta seorang staf, AR.

Kemudian tiga orang pengurus kelompok tani juga turut diamankan, termasuk Irfan Mulia Harahap, Ali Nexzu Harahap serta Datuk Sutan yang diduga sedang melakukan transaksi dengan oknum Kasi produksi, JP.

Modus operandi, setelah uang masuk ke rekening kelompok tani, kemudian kelompok tani diarahkan menemui JP, Kasi Produksi dan menyerahkan sejumlah uang dengan alasan untuk pembelian bibit serta pupuk.

Namun yang dilakukan pihak dinas pertanian juga diduga tidak melalui kesepakatan tertulis antara kelompok tani dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padanglawas terkait pembelian bibit dan pupuk.

Menurut sejumlah kelompok tani, penerima bantuan saat dihubungi Waspada terkejut mendengar kejadian OTT yang menimpa sejumlah oknum Dinas Pertanian Padanglawas tersebut. (a33/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here