Gala Catur Emas Untuk Lahirkan Master

0
EDRIC Chandra, perwakilan PT Wismilak Inti Makmur, Tbk Nasional (kiri) memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan Gala Catur Emas Road To Master 2018, Rabu (15/8).(Waspada/Dedi Riono/B)

MEDAN (Waspada): Galan Kretek terus menunjukkan konsistensi dan komitmennya dalam mendukung pembinaan dan prestasi olahraga catur di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara, di mana catur telah menjadi salah satu budaya masyarakat daerah ini.
Bentuk komitmen Galan Kretek dimaksud dengan kembali menggelar kejuaraan catur bertajuk Gala Catur Emas Road To Master 2018. Kegiatan yang digelar bekerjasama

Percasi Sumut ini akan berlangsung mulai 25 Agustus guna melahirkan pecatur Master.
Edric Chandra, perwakilan PT Wismilak Inti Makmur, Tbk Nasional yang memproduksi Galan Kretek mengatakan, pada tahap seleksi kejuaraan, pihaknya mengombinasikan kejuaraan dengan acara bazar pasar weekend, games, dan hiburan.

“Gala Catur Emas ini sebenarnya sudah tahun kelima digelar, tapi konsep road to master baru mulai tahun ini. Kita menemukan formulasi untuk menjadikan pecatur amatir atau pehobi catur menjadi Master,” tutur Edric didampingi Joko Sugianto, perwakilan PT Wismilak Inti Makmur, Tbk Sumbagut dalam konferensi pers di Garuda Plaza Hotel Medan, Rabu (15/8).

Dijelaskan, dari proses seleksi, panitia memberi kesempatan bagi pecatur peringkat 16 Besar di masing-masing daerah (6 daerah) di Sumut yang totalnya menjadi 98 peserta untuk tampil pada babak semifinal di Kota Pematangsiantar, 7 Oktober mendatang.

Selanjutnya, 48 pecatur pemenang semifinal plus dua pemenang kompetisi tahun lalu ditambah 22 pecatur bergelar Master dari berbagai daerah di Indonesia tampil pada babak final, 17-21 Oktober 2018. Partai final juga diikuti Grand Master Cerdas Barus dan Master Internasional Dede Liu. Pecatur juara (khsus non master) berhak menyandang gelar Master.

Ketua Pengprov elalui Wakil Sekretaris Agus Siallagan menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, Gala Catur Emas merupakan upaya mengembalikan nama Sumatera Utara sebagai gudang atlet catur berbakat.

“Kami mengapresiasi komitmen Galan Kretek yang konsisten menggelar Gala Catur Emas ini sejak 2016,” jelasnya.

Seperti diketahui, Gala Catur Emas 2018 dimulai dari serangkaian seleksi di 6 daerah di Sumut. Seleksi diawali dari Lapangan Bandar Khalifah Tembung pada 25 Agustus 2018. Kemudian di Lapangan Pasar Buah Berastagi (1 September), Lapangan Pariwisata Pematangsiantar (8 September), Lapangan SM Raja XII Balige (15 September), Lapangan Pasaraya Kisaran (22 September), dan Lapangan Japan Luku Medan (29 September).

Panitia yang menargetkan 64 peserta di setiap daerah, menetapkan beberapa persyaratan untuk bisa ikut menjadi peserta. Salah satunya berusia 18 tahun ke atas. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi 08116322020 & 081376786162. (m42)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here