Tanaman Timur Tengah Tumbuh Subur Di Deliserdang

0
Entrepreneur muda ekspor dan impor Indonesia, Ikrama Anwar, petani kurma dan tin, Dedi berfoto bersama di kebun buah kurma. (Waspada/ Edward Limbong).
Entrepreneur muda ekspor dan impor Indonesia, Ikrama Anwar, petani kurma dan tin, Dedi berfoto bersama di kebun buah kurma. (Waspada/ Edward Limbong).

DELISERDANG (Waspada): Ratusan tanaman buah kurma dan buah tin (Ficus) yang menjadi makanan pokok di Timur Tengah, tumbuh subur di perkebunan Desa Rumah Sumbul, Kec. STM Hulu, Kab. Deliserdang.

Karena itu  ke dua tanaman tersebut selanjutnya akan dibudidayakan entrepreneur muda ekspor dan impor Indonesia, Ikrama Anwar di Kec. Percut Seituan dan Kec. Batang Kuis. Pengembangan ini disebabkan banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh manusia disamping sistem budidaya yang sangat mudah dilakukan.

” Khusus buah tin ini, 1 kg harganya bisa mencapai 300 ribu, kalau bisa dikembangkan di Deliserdang ini menjadi kekuatan ekonomi baru dimasa akan datang. Inilah kita harus belajar lagi lebih dalam, supaya bagaimana terimplementasi di setiap kecamatan, khususnya di Kec. Percut Seituan dan Batang Kuis,” kata entrepreneur muda ekspor dan impor Indonesia Ikrama Anwar kepada Waspada Rabu (15/8).

Dijelaskan Ikrama, untuk tanaman kurma juga merupakan penemuan baru dan sudah terbukti. ” Kalau kurma ini terus dibudidayakan, saya rasa kesejahteraan masyarakat Deliserdang semakin membaik. Kita berharap alangkah baiknya satu keluarga menanam pohon kurma, kami rasa walaupun bibitnya cukup mahal tapi hasilnya ini berkepanjangan,” harapnya.

Sementara petani kurma dan tin, Dedi menyebutkan, tanaman kurma dan tin bukanlah tanaman asli Indonesia. ” Tanaman ini dulunya banyak ditemukan di semenanjung Arab. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tanaman ini semakin berkembang dan meluas hingga diberbagai belahan dunia,” katanya.

Dedi mengaku, khusus tanaman tin ada ratusan varietas tanaman tin. Karena varietasnya yang beragam, maka harganya juga tidak sama, varietas menentukan harga semakin unik maka semakin mahallah tanaman itu.

Katanya, jenis buah tin di Indonesia ada enam jenis yang dibudidayakan yaitu tin Jordan, tin red, tin ungu, black Turki, brown Turki dan Libya. Dari ke enam jenis tin tersebut,  tin Jordan adalah jenis yang paling banyak dibudidayakan,” tandasnya. (cel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here