216 Calhaj Kloter Terakhir Berangkat

0
Ketua PPIH Embarkasi Medan HT Darmansah menyerahkan bendera merah putih kepada petugas Kloter 22 saat proses pemberangkatan Waspada/Ist
Ketua PPIH Embarkasi Medan HT Darmansah menyerahkan bendera merah putih kepada petugas Kloter 22 saat proses pemberangkatan Waspada/Ist

MEDAN (Waspada) : Sebanyak 216 jamaah calon haji (Calhaj) Embarkasi Medan, merupakan Kloter 22 (terakhir) dilepas Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Drs. HT. Darmansah MA, bersama panitia lainnya dari Asrama Haji Medan, Rabu(15/8).

Ketua PPIH Embarkasi Medan Darmansah dalam sambutannya, mengingatkan jamaah Calhaj agar selalu menjaga kesehatan dan pola makan, karena ibadah haji adalah ibadah fisik yang memerlukan stamina yang prima.

Menurut Darmansah, Calhaj agar jangan terlalu memikirkan kondisi di Tanah Suci, baik fasilitas, akomodasi, konsumsi, dan transportasi karena semuanya telah disediakan oleh Kementerian Agama yang pelayanannya dari tahun ke tahun semakin baik.

“Salah satu peningkatan pelayanan tahun ini adalah, pemeriksaan biometrik dan sidik jari di embarkasi, walaupun memakan waktu yang cukup lama, namun di Bandara Arab Saudi, jamaah Calhaj tidak perlu mengantre terlalu lama yang biasanya antrean empat sampai lima jam,” sebutnya.

Kepada petugas yang menyertai Calhaj, Darmansah mengharapkan agar melayani jamaah haji dengan baik, selalu berkoordinasi antara sesama petugas haji, dan kepada jamaah Calhaj tidak perlu sungkan bertanya dan berkomunikasi dengan petugas haji.

Pada kesempatan itu, Darmansah mendoakan agar Calhaj selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji, serta kembali ke tanah air menjadi haji mabrur.

Sementara itu, Kabid Dokumen PPIH Embarkasi Medan H. Eri Nofa SE, MAP mengatakan, jamaah Calhaj Kloter 22/MES berjumlah 216 orang berasal dari Medan 172 orang, Simalungun 1 orang, Asahan 5 orang, Mandailing Natal 1 orang, Pematangsiantar 1 orang, Labuhanbatu 2 orang, Padanglawas 17 orang, Tapanuli Selatan 10 orang, Padangsidimpuan 2 orang, TPHD Padanglawas 1 orang, TPHI 1 orang, TPIHI 1 orang, dan TKHI 3 orang.

“Satu orang calhaj batal berangkat atas nama Lania Mulia Siregar binti MR Mulia, 53, manifes nomor 2017 asal Padanglawas Utara, karena sakit sebelum masuk asrama,” ujarnya. Kata Eri Nofa, tiga Calhaj mengisi seat pada kloter ini atas nama Muhammad Jamiat Bahrumsyah Bin Bahrumsyah, 51, manifes 216 eks Kloter 12/MES manifes 393 asal Kota Medan, Syafaruddin Hasbullah bin Hasbullah Pulungan, 54, manifes 217 eks Kloter 14/MES manifes 118 asal Padangsidimpuan, dan Rosmita Marahamin Hasibuan binti Marahamin Hasibuan, 54, manifes 218 eks Kloter 14/MES manifes 119 asal Padangsidimpuan.

“Sampai dengan kloter terakhir ini, sebanyak 69 Calhaj batal berangkat ke tanah suci disebabkan wafat dan sakit sebelum masuk asrama, serta sakit sesudah masuk asrama,” tutur Eri Nofa. (m37/J)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here