Klaim Spanyol Kembali Superior

0
AP

MADRID (Waspada): Entrenador anyar Luis Enrique mengklaim, Spanyol kembali superior saat melumat finalis Piala Dunia 2018 Kroasia dengan skor telak 6-0 pada laga lanjutan Liga A Grup 4 UEFA Nations League.

Dalam laga kandang di Stadion Martinez Valero, Elche, Selasa (Rabu WIB) tersebut, Spanyol yang terpuruk pada gelaran dua Piala Dunia terakhir, tampil sangat dominan dengan 71 persen penguasaan bola.

Sergio Ramos cs bahkan melepaskan total 16 tembakan, 6 di antaranya bersarang menjadi gol. Penampilan El Matador persis seperti saat mereka menjuarai Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2008 dan 2012.

“Saya tak punya keberatan apapun, saya menyukai hampir semua yang saya lihat,” beber Enrique melalui Marca, Rabu (12/9).

“Sulit untuk mengatasi tim seperti Kroasia yang bermain menekan. Mereka punya kemampuan mencetak gol, tapi kami kembali superior,” klaim mantan pelatih Barcelona dan AS Roma itu.

Matador pun mantap memuncaki klasemen Grup 4 dengan enam poin dari dua laga, setelah akhir pekan lalu sukses menekuk Inggris 2-1.

“Sikap dari seluruh pemain sudah sangat bagus. Sulit untuk mengkritik apapun pada sebuah laga yang menunjukkan level performa setinggi itu,” tutur Enrique.

Marco Asensio (foto tengah) mengorbit sebagai bintang kemenangan La Furia Roja dengan mencetak satu gol serta terlibat dalam lima gol lainnya.

Penyerang muda Real Madrid itu bahkan mampu mencatatkan empat assist bagi gol Saul Niguez, Rodrigo Moreno, Sergio Ramos dan Isco Alarcon. Satu gol Spanyol lainnya tercatat sebagai gol bunuh diri atas nama kiper Kroasia Lovre Kalinic.

“Kapanpun berada di atas lapangan, saya berusaha melakukan yang terbaik. Kami menjalani sebuah duel hebat, terutama dalam level kolektif. Kami bertahan dan menyerang bersama-sama,” tegas Asensio.

Ini menjadi kekalahan terburuk Kroasia sepanjang masa. Luka Modric cs terdesak sejak menit awal ketika Spanyol langsung keluar menyerang. Menit 24 Niguez menanduk umpan silang kiriman Daniel Carvajal dari sayap kanan.

Sembilan menit berselang sebuah sambaran keras Asensio atas kesalahan sapuan barisan pertahanan Hrvatska menghujamkan bola ke sudut kanan atas gawang Kalinic.

Dua menit kemudian, petaka Kroasia kian memburuk saat umpan silang Asensio yang membentur mistar gawang justru mengenai punggung Kalinic hingga melesak ke dalam gawangnya sendiri.

Baru empat menit babak kedua berjalan, umpan terobosan Asensio berhasil disambut Rodrigo demi menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang tim tamu.

Menit 57 giliran kapten Ramos mencatatkan namanya di papan skor dengan memanfaatkan situasi sepak pojok demi menyundul bola kiriman Asensio.

La Roja terus mengamuk dan memperbesar keunggulan menjadi 6-0 lagi-lagi lewat umpan Asensio, yang kali ini diselesaikan Isco menit 70. (m15/rtr/mrc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here