Kampus Masa Depan Harus Melek Teknologi

0

JAKARTA (Waspada): Era revolusi Industri 4.0 yang mengutamakan pembelajaran berbasis teknologi komunikasi, membuat perguruan tinggi harus mengubah pelan-pelan metode pengajarannya. Ke depan, pendekatan pengajaran tidak hanya satu arah dan terpaku pada tatap muka langsung, melainkan dapat melalui internet atau telekonferensi.

“Kampus dapat menjadi agen  pertama dan utama perubahan metode pengajaran lewat kemajuan teknologi. Bahkan di perguruan tinggi itu seharusnya melek literasi teknologi,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir Nasir  di Jakarta, Rabu (12/9).

Literasi teknologi merupakan kemampuan untuk menggunakan, memahami, mengatur, dan menilai inovasi yang melibatkan proses serta ilmu pengetahuan guna memecahkan masalah dan memperluas kemampuan. Dalam pengembangan pendidikan di perguruan tinggi, katanya, setidaknya ada empat literasi yang wajib diikuti. Selain literasi teknologi, tiga literasi lainnya ialah literasi sains, literasi bahasa, dan literasi data.

Rektor Universitas Trilogi, DR Aam Bastaman mengakui kalau pendekatan sistem pengajaran di sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia masih konvensional dan terkesan ketinggalan jaman. Di Trilogi sendiri, kini sudah menerapkan sistem blended atau campuran dalam proses pembelajarannya. Artinya, proses tatap muka dialihkan sebagian lewat internet. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya efisiensi dan efektivitas waktu dosen dan mahasiswa.

“Lebih dari itu, membiasakan kampus agar mampu menggunakan teknologi sebagai bagian dari perubahan lewat sistem kampus siber ini. Inilah bentuk nyata dukungan kampus swasta pada program revolusi industri 4.0 di perguruan tinggi,” tandas Aam saat pengukuhan 600-an mahasiswa baru Universitas Trilogi di Kampus Trilogi, Kalibata, Jakarta, Kamis (13/9).

Menurut Aam, yang paling penting dalam pembelajaran adalah hasilnya. Teknologi diciptakan bukan sekedar memudahkan orang dalam kehidupannya, tetapi lebih dari itu adalah memberdayakan manusia agar lebih percaya diri dalam mencari solusi kehidupan.

Padada kesempatan itu juga dilakukan pemberian beasiswa secara simbolik kepada mahasiswa baru. Beragam jenis beasiswa yang berhasil diraih oleh mahasiswa baru Universitas Trilogi diantaranya adalah beasiswa akademik, beasiswa prestasi non akademik, beasiswa bidik misi dan ada juga beasiswa bagi keluarga dosen/karyawan Universitas Trilogi. (dianw/B).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here