Ribuan Bibit Bunga Asal Malaysia Diamankan

0
Petugas Karantina Pertanian disaksikan petugas BC memperlihatkan ribuan bibit bunga tanaman hias asal Malaysia, di KNIA. Waspada/Irianto

DELISERDANG (Waspada): Ribuan bibit bunga tanaman hias asal Malaysia, diamankan petugas Bea dan Cukai (BC) bekerjasama Karantina Pertanian, di Kualanamu International Airport (KNIA). Pasalnya, pemasukan bibit bunga tersebut tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Informasi dihimpun Waspada, Jumat (14/9), terkuaknya kasus tersebut berkat adanya kecurigaan petugas Bea dan Cukai (BC) yang melihat koper yang dibawa salah seorang penumpang Lion Air dari Penang, yang baru mendarat di KNIA.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan barang dengan mesin X-Ray. Hasilnya, 1.350 batang bibit bunga tanaman hias dengan banyak jenis, di antaranya kaktus ditemukan.

Di hadapan petugas pemilik bunga diketahui warga Sumut ini mengaku, tidak tahu kalau pemasukan bibit bunga itu dilarang. Dia juga membantah kalau dirinya ke Penang semata-mata untuk membeli bibit bunga. “Saya ke Penang untuk berobat dan pulangnya membawa bibit tanaman hias,” katanya.

Kepala Kantor BC Kualanamu Bagus Nugroho Tamtomo Putro yang dikonfirmasi melalui Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi Eko Fahruli menyatakan, diamankan ribuan bibit bunga asal Malaysia berkat sinergitas BC dan Karantina Pertanian.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan Hafni Zahara. “Jadi, kami amankan karena pemasukan bibit bunga itu tidak dilengkapi surat izin dari Menteri Pertanian dan surat karantina dari negara asal,” tuturnya. (cir)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here