Pemerintah Ajak Umat Santuni Yatim-Piatu

0
Plt. Sekda Aceh Timur Drs. Zahri, M.AP memberikan bingkisan secara simbolis saat penyantunan anak yatim di Komplek Masjid Baitul Muttaqin Idi Cut, Kec. Darul Aman, Aceh Timur, Kamis (20/9). Waspada/M. Ishak

IDI CUT (Waspada): Dalam mensyukuri Hari Asyura 10 Muharram 1440 hijriyah, ratusan anak yatim piatu usia di bawah 12 tahun dalam Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, disantuni, Kamis (20/9).

Kegiatan penyantunan anak yatim yang sudah menjadi agenda rutin tahunan tersebut dipusatkan di Masjid Baitul Muttaqin Idi Cut. Awalnya, ratusan anak yatim dari 45 desa dalam enam kemukiman diregistrasi oleh panitia dan dipersilakan masuk ke masjid untuk berdoa bersama yang dipimpin Tgk. H. Idris (Abu Julok).

Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib melalui Plt. Sekda Aceh Timur Zahri, M.AP, di sela-sela menghadiri kegiatan penyantunan anak yatim itu mengajak, umat muslim untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti penyantunan anak yatim piatu.

“Tidak hanya penyantunan dalam skala besar seperti ini, tapi secara kecil-kecilan juga bisa dilakukan di tingkat rumah tangga, yang penting niatnya ikhlas lillahi taala,” kata Zahri.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyantunan Yatim-Piatu Darul Aman XX/2018 Tgk. H. Saiful Anwar menambahkan, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kecamatan Darul Aman.

Bahkan setelah digagas almarhum Tgk. H. Abdul Wahab (Pimpinan Dayah Darussaadah Idi Cut) di tahun 1998, lanjut Abon Darusaadah, kegiatan serupa belakangan juga ditiru masyarakat baik tingkat kemukiman atau desa.

“Anak yatim piatu ini tanggungjawab kita, jika bukan kita yang peduli dengan mereka siapa lagi. Mari kita berbagai dengan anak yatim piatu di sekitar kita. Muda-mudahan Allah akan berikan ke lapangan dan kemudahan untuk kita,” ujar Abon.

Usai zikir dan doa, kemudian dilakukan makan siang bersama dan ditutup dengan pemberian bingkisan kepada para anak yatim secara menyeluruh.

Tampak hadir para alim ulama, aparat desa, dan tokoh masyarakat seperti Tgk. M. Yunus, dan Tgk. Fadli serta Tarmizi (Geuchik Midi). (b24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here