Kasus Ternak Rp. 14,5 M Libatkan Istri dan Oknum KIP Lhokseumawe

0

LHOKSEUMAWE, (Waspada) : Kasus korupsi pengadaan ternak di Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian (DKPP) Lhokseumawe senilai Rp 14,5 Milyar kian terang.

Istri dan oknum anggota KIP Lhokseumawe disebut-sebut terlibat dalam kasus tersebut.

Berdasarkan sumber yang berhasil diperoleh Waspada, Senin (24/9), pengadaan ternak lembu dari APBK Lhokseumawe Tahun 2014 senilai Rp14,5 miliar melibatkan lebih 150 perusahaan atau rekanan.

Namun, data diperoleh, 138 perusahaan diduga tidak melaksanakan kegiatan dari “aspirasi anggota DPRK” itu alias fiktif. Bahkan, dari data itu, dua perusahaan yakni CV. Alqifari dan CV. Nadya Pratama milik istri dan oknum anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe, Zainal Bakri diduga terlibat.

Alokasi dana untuk masing-masing perusahaan dari 138 rekanan tersebut bervariasi. Jumlah dana paling sedikit Rp20 juta dan maksimal Rp120 juta. CV. Alqifari mendapat alokasi dana sebesar Rp. 110 juta, sedangkan CV. Nadya Pratama sebesar Rp. 100 juta.

Sementara itu, Direktur CV. Alqifari, Zainal Bakri yang dikonfirmasi Waspada, Senin (24/9) mengakui bahwa ke dua perusahaan tersebut miliknya dan istrinya. Namun, operasional ke dua perusahaan itu dikelola oleh sang istri. “Benar dua perusahaan itu milik istri saya, satu atas nama saya, ujarnya.

Dalam proses pengadaan ternak berupa lembu ini, kata dia, ke dua perusahaan tersebut dipinjam oleh orang lain.

“Perusahaan banyak yang pinjam daripada dipakai sendiri disertai surat kuasa. Tetapi, kali ini tidak dibuat surat kuasanya, mungkin karena kealpaan atau terburu-buru,” kilahnya.

Terkait adanya dugaan menerima dana fiktif, Zainal Bakri menyebutkan, dirinya tidak yakin kalau proyek tersebut fiktif. Sebab, pada saat proses dimaksud, peminjam perusahaan menghadirkan istrinya untuk melihat lembu tersebut serta proses penyerahan ke pihak DKPP.

“Kalau dibilang fiktif saya juga kurang yakin,” sebutnya. (cjt).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here