Lenglet Kambing Hitam Barca

0
WASIT Gil Manzano (kanan), memberikan kartu merah kepada bek Barcelona Clement Lenglet (kiri) saat melawan Girona di Stadion Camp Nou, Minggu (Senin WIB). AP
WASIT Gil Manzano (kanan), memberikan kartu merah kepada bek Barcelona Clement Lenglet (kiri) saat melawan Girona di Stadion Camp Nou, Minggu (Senin WIB). AP

MADRID (Waspada): Juara bertahan Barcelona menjadikan kartu merah bek Clement Lenglet sebagai kambing hitam kegagalannya menekuk tamunya Girona pada jornada 5 La Liga Primera.

Dalam laga kandang di Stadion Nou Camp itu, Minggu (Senin WIB), El Barca yang tampil sangat dominan hanya bisa bermain imbang 2-2. Hasil itu sekaligus menghentikan rekor 100 persen Sergio Busquets cs di awal musim ini.

“VAR (video asisten wasit) ada di sana untuk memberikan keadilan dan saya rasa itu bukan kartu merah. Itu mungkin ada dampaknya,” ujar entrenador Barca Ernesto Valverde lewat Football Espana, Senin (24/9).

“Lenglet telah melakukan gerakan aneh, tetapi saya rasa itu sama sekali bukan kartu merah. Keputusan ini jelas merugikan kami,” papar Valverde.

Los Cules terpaksa menyelesaikan duel dengan 10 pemain di lapangan sejak Lenglet diganjar kartu merah oleh wasit Jesus Gil Manzano menit 35.

Los Blaugranas saat itu tengah unggul satu bola berkat gol kapten Lionel Messi menit 19 dengan menyontek bola umpan kiriman Arturo Vidal.

“Kartu merah benar-benar mengubah permainan. Kami mendominasi dan setelah kartu merah itu bukan berarti kami juga tidak memiliki kontrol,” dalih Valverde.

“Kami memiliki nasib buruk tepat di akhir babak pertama kemudian tertinggal 1-2. Ketika itu kami harus mencoba untuk kembali ke permainan,” tambah mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut.

Girona hampir membalas pada menit 29 ketika Portu sukses melewati kiper Marc-Andre ter Stegen. Namun bola tembakan Portu disapu Gerard Pique di hadapan garis gawang Barca.

Lenglet kemudian bertindak bodoh saat menghentikan pergerakan Pere Pons di tepian kotak penalti. Dalam insiden ini wasit diminta melihat rekaman VAR dan memutuskan Lenglet pantas diusir.

Tim tamu mampu memanfaatkan dengan baik ketimpangan jumlah pemain tersebut. Girona menyamakan kedudukan menit 45 saat Cristhian Stuani sukses mengalahkan Pique dalam menyambut umpan silang kiriman Aday Benitez.

Valverde kembali menambal barisan pertahanan El Catalan dengan memasukkan Samuel Umtiti menggantikan Ousmane Dembele pada waktu istirahat.

Namun menit 51 Girona justru berbalik merebut keunggulan lewat gol kedua Stuani, memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Portu yang tak sempurna dihalau Ter Stegen.

Valverde pun melakukan pergantian ganda dengan memasukkan Ivan Rakitic dan Philippe Coutinho, masing-masing menggantikan Vidal dan Arthur.

Barca berpeluang menyamakan kedudukan menit 60, setelah striker Luis Suarez dilanggar di tepian kotak penalti. Tetapi eksekusi tendangan bebas Messi masih mengenai mistar gawang Girona.

Tim tuan rumah akhirnya menyamakan kedudukan lewat situasi sepak pojok menit 63, setelah bola tembakan Suarez yang berusaha dihalau kiper Bono ditanduk oleh Pique ke dalam gawang lawan. (m15/rtr/fe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here