Paripurna DPRD Sibolga Sepi Wakil Rakyat

0
Banyak kursi dewan yang kosong saat acara sidang paripurna pandangan umum anggota DPRD Sibolga. (Waspada/Haris Sikumbang)

SIBOLGA, (Waspada) : Rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pandangan umum anggota DPRD Sibolga terhadap Laporan Pertanggung Jawaban APBD 2017 dan P-APBD 2018 yang dilaksanakan, Senin (24/9) di Gedung DPRD Sibolga sepi dari anggota DPRD.

Pasalnya, 20 kursi dewan di DPRD Sibolga hanya diisi 15 orang anggota legislatif. Sementara 5 orang yang tidak hadir tersebut dinyatakan mengundurkan diri.

“Perlu saya sampaikan, ada 5 orang anggota DPRD yang telah mengundurkan diri yakni, Nikson Pendi Simanjuntak, Albar Sikumbang, Pintor Siahaan, Hendra Sahputra, dan Ikhsan Wahyudi Simatupang,” kata Ketua DPRD Sibolga Tonny AL Tobing mengawali sidang paripurna.

Terpisah, Sekretaris DPRD Sibolga, Richard Pangaribuan mengatakan, pengunduran diri 5 anggota dewan tersebut mengacu pada surat Kemendagri nomor 160/6324/OTDA tentang pemberhentian anggota DPRD Provinsi, kabupaten/kota yang mencalonkan diri dari partai politik yang berbeda dari parpol yang diwakili pada pemilu terakhir untuk mengikuti pemilu 2019.

“Dalam surat itu dikatakan, apabila sudah ditetapkan DCT maka yang bersangkutan tidak lagi memiliki status beserta hak dan kewenangan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan peraturan perundang- undangan,” sebut Richard .

Dasar itulah kata Richard, pihaknya (sekretariat DPRD) tidak mengundang lagi ke lima anggota DPRD Sibolga non aktif tersebut.

“Kalau soal PAW kita masih menunggu siapa yang diusulkan, karena sampai sekarang yang baru diusulkan itu hanya pemberhentian 5 dewan ini, itupun kita masih menunggu SK pemberhentian dari gubernur, kalau sudah turun selanjutnya akan kita proses PAW,” tuturnya. (cris/B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here