PWI Sumut Harapkan Caketum PWI Pusat Berkualitas

0

MEDAN (Waspada): Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara menaruh harapan besar pada Kongres XXIV PWI di Solo, 27-30 September 2018.

PWI menginginkan kongres menghasilkan figur ketua umum berkualitas dengan didukung jajaran pengurus yang berkomitmen membawa organisasi profesi terbesar dan tertua di Indonesia ini ke arah yang lebih baik.

“Kita Pengurus PWI telah membahas sosok kepemimpinan PWI Pusat ke depan dari sejumlah nama-nama atau kader terbaik yang muncul sebagai calon ketua umum (Caketum) menjelang Kongres Solo. PWI Sumut berharap Caketum berkualitas dan bisa bersinergi pada semua pihak,” kata Ketua PWI Sumut H Hermansyah, SE didampingi Sekretaris Edward Thahir ŠSos, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim kepada wartawan, Senin (23/9).

Dikatakan Hermansjah, PWI Sumut tetap berkomitmen agar kongres bisa berjalan sukses berjalan demokratis tanpa intervensi. Marilah kita cari figur yang berkualitas, intelektualitas, pluralis, menjadi panutan dan mempunyai visi jauh ke depan. Guna mewujudkan, memberdayakan dan mengembalikan trah pers yang profesional, kompeten, konsisten bertanggung jawab untuk publik, tegas Hermansjah.

“Karena itu, delegasi PWI Sumut akan memperjuangkan sosok ketua umum pada figur yang memiliki kualifikasi tersebut, kapasitas dan integritas yang tidak diragukan, terlebih-lebih didukung kuat arus bawah yakni, PWI provinsi se Indonesia, ujarnya.

Selain itu Hermansjah menekankan, calon ketua umum mesti  berani mengambil sikap tegas, istiqomah. Komitmen tinggi seperti ini sangat penting untuk menempatkan eksistensi  organisasi PWI yang bermartabat, mengingat Indonesia menghadapi tantangan dalam upaya penguatan  jati dirinya.Termasuk PWI sebagai salah satu elemen bangsa sebagai penjaga integrasi bangsa dan NKRI, tandasnya.

Sampai saat ini setidaknya sudah muncul empat kandidat Caketum yakni Atal Š Depari (Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, asal media dari Harian Suara Karya), Hendry CH.  Bangun (Sekjen PWI Pusat, Harian Kompas), Sasongko Sutedjo (Wakil Ketua Bidang Organisasi, Suara Merdeka Semarang) dan Ahmad Munir (Ketua PWI Jaya Timur).

PWI Sumut yang memiliki 520 anggota, dalam kongres nanti memiliki 5 hak suara. Dari 32 Provinsi, Sumut memiliki suara terbanyak setelah Jawa Barat yang memiliki 600 anggota atau 6 hak suara.

Delegasi PWI Sumut terdiri dari 8 orang dipimpin Ketua PWI Sumut Hermansjah dijadwalkan berangkat ke Solo, Selasa (25/9) siang. Hermansjah turut didampingi Sekretaris Edward Thahir, Š. Sos, anggota Dewan Kehormatan H. Baharuddin, Wakil Ketua Khairul Muslim, Rizal R. Surya, Wakil Sekretaris Rifki Warisan, Bendahara Zul Anwar Marbun, tokoh pers Sumut HM.Yazid. (m08/A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here