Taman Benyamin Sueb Bikin Objek Wisata Jakarta Bertambah

0

JAKARTA (Waspada): Kehadiran Taman Benyamin Sueb dipastikan menambah objek wisata yang ada di Jakarta.

Taman Benyamin Sueb ini baru saja diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Jalan Raya Bekasi Timur, Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (22/9/2018).

Anies berharap taman ini menjadi pemicu semangat generasi penerus bangsa dalam mengembangkan kebudayaam Betawi.

“Masyarakat bisa memanfaatkan taman ini sehingga nanti bisa muncul Benyamin S-Benyamin S yang lain,” ujarnya.

Taman Benyamin Sueb dibangun di bekas Gedung Eks Kodim 05/05 Jatinegara, yang mengalami pemugaran sejak 2013.

Selain gedung peninggalan Belanda, di dalam taman ini  terdapat Museum Kebudayaan Betawi yang menyimpan benda-benda koleksi peninggalan Benyamin S, sang legenda budayawan Betawi.

Di dalam museumnya, pengunjung bisa melihat  beberapa barang milik almarhum Benyamin S seperti pakaian, sejumlah foto, poster film, dan lainnya.

Bangunan yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta ini akan menjadi pusat kebudayaan Betawi yang juga bisa dimanfaatkan sebagai pusat kesenian warga.

Sebelumnya Kasudin Pariwisata Jakarta Timur, Iwan Henry Wardhana mengatakan bahwa penetapan gedung eks kodim 0505 Jakarta Timur sebagai Taman Benyamin Sueb ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1156 tahun 2018.

Iwan menambahkan Taman Benyamin Sueb ini menjadi sebuah wahana bagi anak-anak untuk mengembangkan seni budaya Betawi dan juga Nusantara yang ada di Jakarta.

Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar menilai pemilihan eks gedung Kodim ini sangat tepat karena letaknya strategis di pusat kota, dibanding kediaman Benyamin S di Jakarta Selatan.

Agar Taman Benyamin Sueb ini tetap eksis, M. Anwar berencana menggandeng seluruh pengusaha hotel di Jakarta Timur supaya menambahkan Taman Benyamin Sueb ke dalam paket wisata.

Jadi selain ke  Taman Mini, Kawasan PIK Penggilingan,  Kawasan Batu Aji Rawa Bunga, juga ke Taman Benyamin Sueb ini.

Pihaknya juga akan mengisi kegiatan rutin disini, berkordinasi dengan Disparbud DKI Jakarta supaya kegiatan seni dan budaya di taman ini bisa dimaksimalkan.

Untuk mmpromosikan Taman Benyamin Sueb, baru-baru ini tepatnya 20-23 September 2018  digelar Gebyar Benyamin Sueb dengan menghadirkan beragam  kesenian Betawi seperti tari, lenong, band yang mengusung lagu-lagu Betawi, dan tak ketinggalan bazar kuliner tradisional Betawi. (Adji  K)

Captions:
1. Gedung Eks Kodim 05/05 Jatinegara yang kini menjadi Taman Benyamin Sueb. (Foto: Adji K)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here