Satu Desa ‘Wajib’ Satu Lembaga PAUD

0
Bunda PAUD Kecamatan Se-Aceh Timur foto bersama Bunda PAUD Aceh Timur Hj. Fitriani D. Hasballah dan Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib dan unsur Forkopimda Aceh Timur usai pelantikan di Gedung ISC Aceh Timur di Idi, Kamis (4/10).Waspada/M. Ishak/B

IDI (Waspada): Sebanyak 538 Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se-Kabupaten Aceh Timur dikukuhkan, Kamis (4/10).

Prosesi pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Gampong (desa) dipusatkan di Gedung Idi Sport Center (ISC) Aceh Timur di Idi.

Bunda PAUD Kabupaten Aceh Timur yang dilantik yakni Hj. Fitriani D. Hasballah, SH, MH. Pelantikan dilakukan Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib, SH. Hadir unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Timur, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta para camat se–Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib atau Rocky, dalam amanatnya menjelaskan, lembaga PAUD adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan.

“Ini tujuannya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, sehingga anak memiliki kesiapan dalam memasuki sekolah dasar dan kehidupan tahap berikutnya,” kata Bupati Rocky seraya menambahkan, PAUD merupakan pemenuhan hak pendidikan anak sejak dini.

Diakuinya pertumbuhan lemnaga PAUD dalam lima tahun terakhir sudah mencapai 350 titik di Aceh Timur, tetapi masih banyak desa yang belum memiliki lembaga PAUD. “Aceh Timur memiliki 513 desa dan 24 kecamatan. Jadi ke depan satu desa harus memiliki satu lembaga PAUD,” tegas Rocky.

Sebagai payung hukum dalam mengalokasikan dana desa untuk lembaga PAUD, Bupati Aceh Timur sudah membuat regulasi melalui Peraturan Bupati (Perbup). “Sehingga alokasi dana secara maksimal untuk lembaga PAUD tidak perlu ragu lagi,” timpa Bupati Rocky.

Di sisi lain, sambungnya, peningkatan kualitas PAUD harus dimulai dari pemenuhan standar layanan PAUD secara bertahap, khususnya standar pembelajaran, pendidik dan sarana prasarana pendidikan serta penguatan pendidikan karakter sejak dini.

Menurut bupati, pengukuhan dan pelantikan Bunda PAUD kabupaten, kecamatan dan gampong hari ini merupakan momen yang sangat baik. Dan yang paling penting bangun komunikasi dan koordinasi dalam meningkatkan kerjasama dan bersama-sama secara berkesinambungan untuk mencapai kualitas PAUD yang sudah terbentuk.

“Sehingga PAUD di Aceh Timur menjadi contoh untuk daerah lain,” tutur Bupati Rocky. (b24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here