BPBD Paluta : Warga Diimbau Waspadai Cuaca Buruk

0
Kondisi arus sungai yang meluap hingga ke areal perkebunan warga di daerah desa Paran Gadung, kecamatan Padang Bolak Julu. (Waspada/Sori Parlah Harahap/B)
Kondisi arus sungai yang meluap hingga ke areal perkebunan warga di daerah desa Paran Gadung, kecamatan Padang Bolak Julu. (Waspada/Sori Parlah Harahap/B)

GUNUNGTUA (Waspada) : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) menghimbau warga yang berada di kawasan aliran sungai dan perbukitan agar meningkatkan kewaspadaan terkait curah hujan yang tinggi belakangan ini.

“Warga diimbau tingkatkan kewaspadaan karena curah hujan yang tinggi selalu mengancam bahaya banjir dan longsor.” Demikian disampaiakn Plt Kepala BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP, Kamis (11/10).

Kata Ridwan, pihaknya selalu mengingatkan kepada masyarakat agar waspada dan memberikan informasi dengan cepat jika ada bencana sehingga bisa diberikan pertolongan dengan cepat.

Ia menyebutkan daerah yang berpotensi terjadinya bencana banjir di Paluta diantaranya, Kecamatan Dolok Sigompulon, Dolok, Padang Bolak dan Simangambat.

Masih kata Ridwan, BPBD Paluta sudah melakukan koordinasi dengan seluruh camat, Kepala Desa maupun Lurah untuk selalu memberikan himbauan kepada masyarakatnya akan terjadinya bahaya bencana. Hal itu bertujuan agar masyarakat nantinya bisa melaporkan langsung kejadian bencana yang menimpa serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Paluta agar meningkatkan kewaspadaan, sebab curah hujan saat ini tinggi,” pungkasnya.

Terpisah Kabid Kedaruratan Nuar Siregar mengaku hingga saat ini belum ada laporan masyarakat terkait adanya bencana alam di wilayah kabupaten Paluta.

Meski begitu, selain menunggu informasi atau laporan dari masyarakat, saat ini pihaknya selalu melakukan pemantauan dan peninjauan di sejumlah titik yang dinilai rawan terjadi bencana.

“Kami juga sudah menugaskan personil untuk melakukan pemantauan dilapangan. Apalagi seperti saat ini cuaca ekstrem dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, bencana banjir karena luapan sungai bisa saja terjadi,” jelasnya. (a35/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here