Sopir Bus Maut Sempati Star Belum Serahkan Diri

0
Kanit Laka Lantas Polres Pidie Ipda Azwar Efendi.SH, sedang memberikan keterangan Pers kepada Waspada di ruang kerjanya terkait kecelakaan bus maut Sempati Star yang newaskan tiga orang dan luka-luka empat orang. Kamis (11/10) Waspada/Muhammad Riza
Kanit Laka Lantas Polres Pidie Ipda Azwar Efendi.SH, sedang memberikan keterangan Pers kepada Waspada di ruang kerjanya terkait kecelakaan bus maut Sempati Star yang newaskan tiga orang dan luka-luka empat orang. Kamis (11/10) Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Satuan Lantas Polres Pidie. Kamis (11/10), terus melakukan pengembangan untuk mengejar Ridwan, 31 sopir bus maut Sempati Star BL 7777 AA.

Ridwan, 31 warga Gampong Matang Kruet, Kecamatan Pante Bidadari, Aceh Timur, ditenggarai kabur setelah bus yang dikemudikannya menabrak dua beca motor (tanpa nopol) dan mini bus jenis L-300 di Jalan Medan- Banda Aceh, tepatnya di Gampong Rambayan Lueng, Kecamatan Peukan Baro, Pidie. Rabu (10/10) sekira pukul 05:30. Dalam insiden itu sedikitnya tiga orang meninggal dunia dan empat orang lainnya menderita luka berat dan ringan.

Kapolres Pidie AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar, SIK melalui Kanit Laka Ipda Azwar Effendi, SH kepada Waspada. Kamis (11/10), membenarkan sampai pukul 14:00 Wib, sopir bus maut Sempati Star tersebut atas nama Ridwan,31, belum datang memenuhi panggilan penyidik untuk dimintai keterangannya dalam kasus kecelakaan di Gampong Rambayan Lueng, Kecamatan Peukan Baro.

Pun begitu kata Ipda Azwar Effendi sejumlah saksi yang melihat kejadian tabrakan itu telah dipanggil pihaknya untuk dimintai keterangan. Di antaranya, pemilik warung kopi di Gampong Rambayan Lueng, pengemudi Truk pengangkut Es, dan beberapa saksi lainnya.

“Kecuali sopir bus Sempati Star atas nama Ridwan. Dia itu belum kita minta keterangan, karena sampai saat ini yang bersangkutan belum datang memenuhi panggilan kita,” kata Ipda Effendi.

Pun begitu sebut dia, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak managemen Sempati Star untuk segera menghadirkan Ridwan ke kantor Satlantas, Unit Laka, Mapolres Pidie.

“Menurut keterangan managemen Sempati Star, Ridwan saat ini sudah di Banda Aceh dan sudah diarahkan pihak managemen untuk datang ke Mapolres Pidie,” jelas Ipda Azwar Effendi yang di kalangan warga Kota Sigli, akrab disapa Bang Pen.

Ipda Azwar Efendi menuturkan begitu kejadian, sopir Bus maut Sempati Star itu langsung kabur. Sementara itu jarak antara lokasi dengan Mapolsek Peukan Baro jarak tempuhnya jauh, apalagi dengan kantor Mapolres Pidie.

“Saat kita sampai ke lokasi sopirnya sudah berangkat. Kita berusaha menghubungi pihak perusahaan, dan mereka berusaha mencari. Hari ini saudara Ridwan harus hadir. Kalau sampai hari ini dia tidak hadir, maka akan kami jemput,” tegas Ipda Azwar Efendi.

Ipda Azwar mengungkapkan Ridwan sopir maut bus Sempati Star itu merupakan sopir utama. Dan berdasarkan keterangan awal dari beberapa saksi yang sudah dimintai keterangan diduga ada kelalaian dari pihak pengemudi bus itu, karena berupaya mendahului becak motor di depannya.

Sementara dari arah depannya lagi datang mini bus L-300 warna putih, sehingga Ridwan membanting setir ke kiri menubruk becak motor. Selanjutnya membuang setirnya ke kanan menubruk mini bus L-300 pada bagian tengah. Akibatnya tiga orang meninggal dunia dan empat orang lainnya menderita luka berat dan ringan.

Ipda Azwar Efendi mengungkapkan sampai saat ini pihaknya belum ada satu orang pun yang ditetapkan tersangka, karena masih menunggu hasil pemeriksaan saksi-saksi lainnya termasuk Ridwan sebagai sopir bus maut Sempati Star.

“Kami menunggu niat baik saudara Ridwan menyerahkan diri. Jika nanti dari hasil pemeriksaan kami, dia ditetapkan sebagai tersangka maka kami akan menjerat dia dengan Pasal 310 ayat 1,3 dan 4 Undang Undang Lalulintas angkutan jalan tahun 2009. Namun, sebaliknya jika dia batas waktu yang kami berikan saudara Ridwan tidak datang melaporkan diri, makan kami akan tetapkan dia dengan Pasal 312 undang-undang yang sama karena dianggap tabrak lari,” tandasnya. (b10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here